Register Login

Bursa Kue Subuh Senen

Ketika banyak orang sedang terlelap dalam tidurnya, pada saat yang bersamaan di lokasi ini transaksi perdagangan kue terus berjalan mengiringi dini hari menjelang subuh di pasar yang dijuluki Pasar Kue Subuh Senen atau Bursa Kue Subuh Senen.

Berada di tengah pasar yang secara khusus menjual penganan berupa kue-kue ini terasa seperti bukan di waktu dini hari maupun subuh ketika berada di sana terasa sepertibaru pukul 20:00 malam saja, hal itu tentu saja disebabkan oleh ramainya pasar yang padat oleh pengunjung yang sedang asyik berbelanja kue.

Pasar Kue Senen ini sudah terkenal seantero Jabotebek, dan rata-rata yang berbelanja di sini bukan hanya orang yang berdomisili di Jakarta saja melainkan banyak juga yang berasal dari Tangerang, Depok Bahkan ada juga yang dari Bogor. Senen merupakan tempat tujuan utama bagi mereka yang bertujuan untuk mencari kue-kue guna memenuhi kebutuhannya akan penganan yang satu ini mereka rela untuk datang dini hari maupun subuh kesini, walaupun ada juga pasar sejenis di daerah Blok M akan tetapi tidak sebesar dan serta sebanyaknya pilihannya seperti di tempat ini.

Meskipun di sebut sebagai pasar subuh, sebenarnya pasar ini mulai aktif melayani pembeli tidak pada waktu dini hari ataupun subuh melainkan mulai pada pukul 18:00 Wib saja sudah terlihat aktifitas dari para pedagang yang sudah mulai menata kue dagangannya di meja lapaknya. Nah apabila anda berniat berbelanja di tempat ini hendaknya datang di atas pukul 22:00 Wib, dikarenakan pada jam-jam seperti ini hingga pagi hari kue-kue yang di sajikan telah rampung di meja lapak dan telah siap untuk dijual dan mudah untuk memilihnya, jadi tak perlu repot-repot menunggu pedagang selesai mengeluarkan kue-kue yang akan dijual.

Pemasok kue-kue pasar subuh ini merupakan distributor dari kelas rumahan maupun dari industri kue yang bekerja sama dengan pedagang pasar untuk memasarkan kuenya di tempat ini, namun ada juga pedagang yang membuat kuenya sendiri dan menjajakannya di tempat ini. Biasanya yang berbelanja di pasar ini adalah pedagang eceran yang akan menjual kembali kue-kue tersebut di tempatnya masing-masing atau orang-orang yang akan membutuhkan kue untuk pelengkap acara seperti arisan, pesta, maupun pernikahan. Tetapi ada juga yang secara khusus membeli untuk di konsumsi sendiri.

Di Bursa Kue Subuh Senen ini dijual berbagai macam jenis kue-kue dari mulai kue basah dan kering contohnya kue cucur, pastel, lempar, bolu kukus dan masih segudang lagi jenis kue lainnya. Yang unik di sini dijajakan juga roti buaya yang terkenal sebagai antaran untuk prosesi lamaran pada tradisi Betawi, wah masih ada juga yang aktif melestarikan kuliner asli tanah air ini yang mulai hilang digerus jaman. Ada juga dijajakan satu paket dengan macam-macam jenis kue di dalamnya yang di bungkus secara rapi yang di kenal di pasar ini dengan nama parcel kue.

Banyak juga lho ditemui dodol dengan berbagai macam-macam rasa dan kue ulang tahun yang tampak kaya dengan warna pada tampilannya, dan rata-rata penjual di sini menjualnya secara paket dan cara satuan contohnya pada kue tart dengan ukuran kecil yang dijual per box, akan tetapi apabila ada yang membeli secara satuan pun akan dilayani dengan baik kok. Memang bagi yang membeli dengan cara borongan atau paketan akan lebih murah dari pada membeli kue dalam jumlah satuan, sedangkan harga yang ditawarkan oleh penjual di pasar kue subuh ini berkisar Rp 1.000 perpotong dan bila membeli dalam jumlah banyak akan diberikan potongan harga atau diberi tambahan kue sebagai bonus, karena begitulah tata cara perdagangan di tempat ini. (Roy)



24 Agustus 2011 - 10:15:37 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 2965

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Mau Belanja Murah, Ke Taman Puring Saja Mau Belanja Murah, Ke Taman Puring Saja
Rabu, 17 September 2014
Pasar Asemka Pasar Asemka
Rabu, 07 September 2011

SHARE