Register Login
  1. Tan Ek Tjoan Tetap Setia Mempertahankan Rasa

    Tan Ek Tjoan  Tetap Setia Mempertahankan Rasa Tan Ek Tjoan  Tetap Setia Mempertahankan Rasa
  2. Tan Ek Tjoan Tetap Setia Mempertahankan Rasa

    Tan Ek Tjoan  Tetap Setia Mempertahankan Rasa Tan Ek Tjoan  Tetap Setia Mempertahankan Rasa
  3. Tan Ek Tjoan Tetap Setia Mempertahankan Rasa

    Tan Ek Tjoan  Tetap Setia Mempertahankan Rasa Tan Ek Tjoan  Tetap Setia Mempertahankan Rasa

Tan Ek Tjoan Tetap Setia Mempertahankan Rasa

Toko Roti Tan Ek Tjoan Berdiri Di Tahun 1921 Di Bogor, Tempat Ini Mulai Dirintis Oleh Warga Keturunan Tionghoa Yang Menjual Aneka Roti. Namun Sejak Tahun 1956 Tempat Ini Akhirnya Berpindah Ke Kawasan Cikini, Jakarta. Berada Di Kawasan Area Perkantoran Dan Telah Puluhan Tahun Setia Menjajakan Roti Di Jalan Cikini Raya Menjadikan Toko Ini SebagaiToko Roti Yang Legendaris.

Tak Heran Di Masa Pemerintahan Presiden Soeharto, Toko Roti Ini Menjadi Pilihan Untuk Suguhan Tamu Istana Dalam Peringatan Hari Besar Dan Juga Menjadi Pilihan Jajanan Keluarga Presiden. Asal Mula Dipilihnya Kawasan Cikini Untuk Menjadi Tempat Berjulan Roti Pada Waktu Itu Karena Pada Tahun Itu Para Kolonial Belanda Menjadikan Cikini Sebagai Pusat Pemerintahan Dan Petinggi Belanda, Maklum Saja Yang Gemar Mengkonsumsi Roti Pada Saat Itu Masih Orang Belanda Saja.

Meskipun Legendaris Brand Tan Ek Tjoan Tidak Banyak Ditemukan Di Beberapa Pusat Perbelanjaan Yang Saat Ini Marak Dengan Kedai Roti, Hal Itu Dikarenakan Perusahaan Roti Yang Puluhan Tahun Ini Lebih Membidik Pasar Kalangan Masyarakat Menengah Umum. Istimewanya Roti Tan Ek Tjoan Karena Dikenal Dengan Cita Rasa Roti Jadul Dan Resep Kuno Sehingga Sampai Saat Ini Para Pelanggan Pun Masih Tetap Bertahan Dengan Rasa Yang Khas Meskipun Banyak Perusahaan Roti Yang Baru Dan Berjamuran. Uniknya Lagi Bisnis Keluarga Satu Ini Masih Mempertahankan Penjualan Melalui Pedagang Roti Gerobak Yang Menjadi Ujung Tombak Penjualan Roti Dari Gang Ke Gang.

Namun Sayangnya Jumlahnya Yang Semula 300 Gerobak Kini Hanya 100 Pedagang Roti Gerobak. Pengelola Juga Mengakui Hadirnya Beberapa Perusahaan Roti Lain Yang Lebih Besar Juga Mempengaruhi Naik Turunnya Pendapatan Tempat Ini. Cucu Yang Sekaligus Manager Operasional Toko Roti Tan Ek Tjoan, Kennedy, Mengatakan "Jika Bisnis Rotinya Dalam Perkembangannya Datar, Namun Kami Patut Bangga Keberadaan Bangunan Tan Ek Tjoan Merupakan Cagar Budaya Yang S Dipertahankan, Dan Lagi Citra Roti Jadul Yang Menempel Masih Menjadi Primadona Bagi Para Pecintanya." Dari Sekian Banyak Roti Ada Satu Roti Yang Menjadi Primadona Para Pembeli Dan Penikmat Roti Yakni Roti Coklat Poles.

Keistimewaan Roti Ini Dobel Selain Lumuran Coklat Di Luar, Bagian Dalam Roti Juga Di Lumuri Coklat Yang Nikmat Pula. Soal Harga Tidak Usah Dikhawatirkan, Cukup Dengan 5.000 Rupiah Anda Sudah Bisa Menikmatinya. Satu Catatan Lagi Roti Gambang Tan Ek Tjoan Juga Menjadi Salah Satu Varian Roti Yang Amat Tekenal Dari Dulu Sampai Sekarang Dan Tetap Terjaga Citarasanya. (Ardan/ Gedoor.com) 



03 Juni 2013 - 16:54:28 WIB
Foto : Mardiyan RH / Gedoor.com
Dibaca : 2252
  • Jl. Cikini Raya No. 61, Menteng, Jakarta Pusat
  • Setiap Hari 10:00-22:00 Wib
  • 021-3142570
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Bursa Kue Subuh Senen Bursa Kue Subuh Senen
Rabu, 24 Agustus 2011

SHARE