Register Login

Perabotan rotan dari Jl. Pramuka

Tak bisa dipungkiri memang perabotan rumah tangga yang berasal dari rotan memang lebih benilai dan berkesan artistik dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu biasa. Ada yang bilang bahwa di Indonesia rotan memang kurang dihargai jadi bila diukur dari segi harga ya biasa-biasa saja nilainya, namun di pasaran dunia justru faktamengatakan sebaliknya harga dari hasil olahan rotan begitu di hargai serta bernilai, karena masyarakat di sana amat terpukai dengan sentuhan artistik dari olahan rotan yang menjadi begitu berkelas setelah melewati proses pembuatan yang sangat teliti.

Salah satu fungsi rotan adalah digunakan sebagai bahan baku untuk membuat perabot rumah tangga seperti meja, kursi atau perabot lainnya. Penggunaan rotan untuk membuat perabot rumah tangga sudah dikenal dari dahulu. Ada hal baik dari furniture yang terbuat dari rotan, tetapi Anda juga harus pandai melakukan perawatan agar perabot Anda tetap awet dan kelihatan indah, maklum saja bahan baku yang berasal dari hutan ini agak sensitif dengan cuaca serta ancaman rayap.

Namun sejak munculnya rotan sintetis, kendala itu bisa diatasi. Tampilannya mirip sekali dengan rotan alam, bentuknya berupa helaian terbuat dari bahan sejenis plastik yang disebut poliseli. Bahan ini kemudian dianyam seperti menganyam helaian rotan asli menjadi berbagai perabot. Banyak tempat di Jakarta ini yang menjual perabotan rumah tangga berasal dari rotan salah satunya yang cukup terkenal adalah di sepanjang Jl. Pramuka, Jakarta Timur, ada sekitar puluhan pedagang yang menjajakan barang dagangannya di trotoar jalan, mereka ini adalah pindahan dari Pasar Keramik dan Pasar Rotan yang berada di daerah Rawasari Jakarta Pusat yang telah digusur dan difungsikan sebagai taman dengan nama Taman BMW.

Di Jl. Pramuka ini kita dapat dengan mudah menemukan aneka perabotan berbahan baku dari rotan yakni, pembatas ruangan, keranjang tidur bayi, tutup lampu dengan berbagai bentuk, aneka kursi dari mulai kursi santai sampai dengan kursi malas, lemari, tempat penutup makanan, dan yang tidak ketinggalan adalah kuda-kudaan yang biasa dimainkan anak-anak kecil. Nah kalau bicara soal harga semua tergantung dari jenis rotan, serta tingkat kesulitan dari pembuatan dan besarnya perabotan yang menentukan harga dari barang tersebut. (Roy)



06 September 2011 - 12:24:00 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 7845

SHARE