Register Login
  1. Selain Mobil Kayu, Tempat Ini Juga Menjual Kuda-Kudaan Kayu

    Selain Mobil Kayu, Tempat Ini Juga Menjual Kuda-Kudaan Kayu Selain Mobil Kayu, Tempat Ini Juga Menjual Kuda-Kudaan Kayu
  2. Deretan Mainan Kayu Memenuhi Kios-Kios Di Kalibata

    Deretan Mainan Kayu Memenuhi Kios-Kios Di Kalibata Deretan Mainan Kayu Memenuhi Kios-Kios Di Kalibata
  3. Tempat Ini Berada Antara Kalibata dan Pasar Minggu

    Tempat Ini Berada Antara Kalibata dan Pasar Minggu Tempat Ini Berada Antara Kalibata dan Pasar Minggu
  4. Miniatur Bus Metromini Kayu Ala Kalibata

    Miniatur Bus Metromini Kayu Ala Kalibata Miniatur Bus Metromini Kayu Ala Kalibata
  5. Mainan Jaduk Kayu Bajaj Di Kalibata

    Mainan Jaduk Kayu Bajaj Di Kalibata Mainan Jaduk Kayu Bajaj Di Kalibata

Mainan Jadul Kalibata Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Perkembangan jaman selalu sejalan dengan berkembangnya semua komponen yang ada didalamnya, dari yang bersifat primer hingga sekunder. Jakarta sendiri sebagai baromater Indonesia menyimpan kekayaan ragam yang juga terus berkembang maju. Namun dibeberapa sudut Ibu kota sebagian pihak masih menjaga nilai keorsinilannya dengan beragam cara untuk dapat terus eksis.

Menjadi modern tentunya bukan berarti harus meninggalkan kekhasan serta sejarah yang terkandung didalamnya.
Hal ini bisa dilihat di salah satu sudut di Jakarta, yakni di kawasan Kalibata. Beberapa petak tanah di samping jalan yang mengarah ke Pasar Minggu masih digunakan sejak tahun 1974 untuk menjajakan salah satu ide orisinil karya anak negeri dalam wujud mainan kayu anak-anak.

Puluhan replika mobil-mobilan seperti berbagai bus, truk, bus, bajaj, kuda-kuda ayun bahkan ada miniatur Bus Way terpajang rapi dan terjaga di beberapa kios di tempat ini.
Di era tahun 80-an penjualan mainan kayu sempat mengalami puncak masa kejayaan. Memang pada masa itu kompetitor produsen mainan belum seperti saat ini, ditambah dengan serbuan mainan plastik import asal China, membuat mainan ini merupakan pilihan favorit bagi anak-anak kala itu. 

Mainan replika mobil-mobilan terbuat dari kayu ini ditawarkan di tempat ini mulai dari berukuran kecil, sedang hingga besar. Mainan yang dijual di sini memiliki kisaran harga antara  40 ribu hingga 300 ribu rupiah. Misalkan saja mainan bajaj berukuran  20x10x15 cm ini dibandrol dengan harga 40 ribu rupiah, lain lagi miniatur truk yang memiliki dimensi 60x25x20 cm dibandrol dengan harga 250 ribu rupiah.

Sementara untuk mainan selain mobil-mobilan kayu yakni  ayunan kuda-kudaan dibandrol dengan harga 150 ribu rupiah.
Pengunjung yang datang ke tempat ini bukan hanya berasal dari Jakarta saja melainkan berasal dari berbagai daerah seperti, Bogor dan Kerawang. Bukan hanya sekedar pembeli eceran saja, namun juga ada pedagang bahkan sampai kolektor mainan berburu barang di tempat ini.

Kios-kios yang persis bersebelahan langsung dengan Taman Makam Kalibata Jakarta ini mulai buka pukul 07.00 Wib hingga 18.00 Wib adalah saksi kejayaan mainan kayu yang makin surut peminat, namun tak bisa lekang oleh waktu. Bagi sebagian orang mainan-mainan ini dilihat sebagai mesin waktu yang membawa mereka kembali ke masa kanak-kanak yang indah, hal inilah yang membuat tempat ini tetap bertahan hingga sekarang. (Fakhruddin Abd/geDoor)



16 Oktober 2014 - 12:12:56 WIB
Foto : Fakhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 7229
  • Arah Pasar Minggu, Di Samping Taman Makam Kalibata, Jakarta Selatan
  • Setiap Hari 07:00-18:00 Wib
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Crocs Crocs
Selasa, 15 November 2011

SHARE