Register Login

Berlibur Sambil Belajar Di PP-IPTEK TMII

Belajar sambil berekreasi merupakan merupakan gambaran yang tepat dari tempat ini yang satu ini, Museum IPTEK namanya. Berada di dalam kawasan TMII, di tempat ini pengunjung akan diajarkan banyak hal tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Museum IPTEK adalahScience Center pertama di Indonesia. Museum ini didirikan untuk program khusus pengenalan dasar IPTEK pada anak didik atau wahana rekreasi edukatif/ belajar IPTEK non formal yang dibangun untuk melengkapi saran pendidikan IPTEK non formal yang dibangun untuk melengkapi saran pendidikan IPTEK normal, dimana kaitannya sangat erat dengan prinsip-prinsip hukum Fisika, Kimia dan Biologi.

Museum ini terletak di komplek TMII, Jakarta. Museum IPTEK diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Tujuan didirikannya museum IPTEK adalah untuk mentransformasikan IPTEK kepada generasi muda melalui cara-cara yang menyenangkan, mudah, menarik dan mengesankan. Sebagai suatu Science Center, PP-IPTEK dapat dijadikan salah satu alternatif liburan yang memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi keluarga. Setiap pengunjung dapat merasakan mudahnya belajar memahami berbagai konsep dan prinsip iptek.

Dengan peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, pengunjung dapat mengembangkan motivasinya dalam memahami prinsip-prinsip IPTEK. Banyak benda peragaan IPTEK yang dapat dimainkan sendiri oleh pengunjung di pusat peragaan ini. Dengan sistem ini, pengunjung akan secara langsung menjadi pelaku atau pelaksana ilmu pengetahuan dan teknologi. Bersama pusat peragaan IPTEK ini, diharapkan berkembang pula inovasi dan apresiasi masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan terus berkembang dari tahun ke tahun.

PP-IPTEK memiliki sekitar 250 perangkat IPTEK interaktif yang didesain khusus agar pengunjung dapat mencoba dan memperagakan alat-alat iptek yang ada. Untuk yang masih belum paham menggunakan perangkat tak usah khawatir karena di sana juga terdapat tim yang bersedia menjelaskan perangkat iptek tersebut sehingga tidak susah payah untuk memahami hal tersebut. Museum IPTEK bisa menjadi liburan alternatif edukatif bagi keluarga guna memperkenalkan IPTEK sejak dini. (Angga W.Wardani/ gedoor.com)



29 April 2013 - 17:37:31 WIB
Foto : Angga W.Wardani/ Gedoor.com
Dibaca : 3782

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Deep & Extreme Indonesia 2016 Deep & Extreme Indonesia 2016
Sabtu, 02 April 2016
Ruang Memorial Basoeki Abdullah Ruang Memorial Basoeki Abdullah
Kamis, 11 Agustus 2011
Pusat Pendidikan Primata Pusat Pendidikan Primata
Selasa, 28 Juni 2011

SHARE