Register Login

Gedung Pos Ibukota

Kalau ditanya seseorang dimanakah menurut anda kantor pos terbesar di Jakarta, jawaban saya sudah pasti akan berujung pada Gedung Pos Ibukota, karena bukan hanya besar gedungini memiliki sejarah yang lumayan panjang sampai sekarang ini. Gedung yang terletak di JI. Pos No. 2, Jakarta Pusat, dibangun sekitar pertengahan abad ke 19 dengan fungsi peruntukkannya sebagai kantor pos dan dikenal dengan sebutan Gedung PTT atau kepanjangan dari Pos Telegraf dan Telepon.

Gedung ini mengalami beberapa kali perubahan nama, awalnya bernama Gedung PTT Pasar Baru, mulai dikenal sejak zaman penjajahan sampai sekitar tahun 1940 an dan yang terakhir sekarang dengan nama Gedung Pos Ibukota. Secara fisik bentuk bangunan Gedung Kantor Pos dan Giro yang berada dekat dengan Pasar Baru ini menunjukkan arsitektur Belanda dengan relung serta kaca-kaca berkembang yang menghiasi bagian depan gedung, bentuknya mirip bangunan stasiun Kereta Api Jakarta Kota.

Dirancang oleh arsitek JF Hoytema dengan gaya arsitektur Art Deco, dengan atap terbuat dari seng dengan tiang-tiang besi pipih sebagai penyangga. Seiring perkembangan zaman, terdapat penambahan ruangan pada bagian ruangan induk tanpa mengubah struktur bangunan lama, karena bangunan lama yang bertingkat dua terbuat dari papan dengan tiang besi berada di dalam ruang bangunan induk. Di bagian depan gedung ini juga terdapat patung prasasti Pak Pos yang dilengkapi dengan sepeda Ontelnya yang terkesan klasik yang menandakan kantor pos selalu siap melayani anda.(Roy)



14 September 2011 - 11:19:57 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 2202

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Bank Mandiri Museum Bank Mandiri
Rabu, 07 September 2011
Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung
Selasa, 05 Agustus 2014
Museum Transportasi ke-1 (TMII) Museum Transportasi ke-1 (TMII)
Kamis, 18 Agustus 2011
Kota Wisata Cibubur (Kampung Wisata) Kota Wisata Cibubur (Kampung Wisata)
Kamis, 25 Agustus 2011

SHARE