Register Login

Pasar Pagi Glodok

Merah, merah dan merah. Warna yang tak asing bagi anda yang akan merayakan Tahun Baru Cina atau yang dikenal dengan Imlek. Hari raya masyarakat keturunan Tionghoa tersebut memang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita. Semenjak era reformasi, tiap tahunImlek sudah mulai dirayakan secara besar-besaran.

Dan untuk memperingatinya, diperlukan berbagai macam pernak-pernik yang akan menambah semarak perayaan tahunan tersebut. Seperti yang ada di wilayah Pasar Pagi, Glodok, Jakarta Barat. Sepanjang jalan ini berjejer kios yang menjajakan berbagai macam pernak-pernik kebutuhan Imlek mulai dari amplop merah atau biasa disebut angpao, lampion, kaos dan baju Shanghai, topi, pajangan, sticker, bunga meyhwa, alat untuk sembahyang dan lainnya.

 Makanan khas Imlek pun juga tersedia seperti permen rasa buah yang dijual dengan harga 80.000 per kilogram, manisan dan kue keranjang yang berbentuk bulat dan berwarna coklat. Benar-benar lengkap bukan? Suasana perdagangan di sini sangat ramai. Hampir tiap kios pun penuh dikunjungi pembeli Para pedagang tidak hanya dari keturunan Chinese tapi juga masyarakat kita. Tempat berjualan pun tidak hanya di dalam kios tapi juga merambah ke pinggir jalan. Jalanan penuh sesak dipenuhi para pengunjung yang berlalu- lalang.

Ada yang hanya melihat-lihat tapi lebih banyak yang berbelanja. Bahkan menjelang Imlek ini, tempat parkir pun semakin penuh dan akan bertambah padat di hari Sabtu dan Minggu. Yang membuat suasana Imlek makin terasa, di bagian atas jalan dipasang lampion-lampion kecil sebagai penghias. Selain itu, ada juga hiburan dadakan seperti pertunjukan Barongsai di pinggir jalan.

 Tapi, untuk menuju kesini mungkin agak sedikit sulit karena tempatnya sedikit terpencil. Dari arah Mangga Dua, anda harus melewati pasar Asemka dan masuk melalui jalan yang tidak terlalu besar. Tapi hal itu tak menjadi masalah, sebab pusat penjualan pernak-pernik Imlek di sini sudah terkenal dimana-mana. Sehingga jika anda kesulitan ke tempat ini bisa bertanya pada masyarakat sekitar Glodok. (Arie)



07 Februari 2012 - 15:25:30 WIB

Dibaca : 3569

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Buku Bekas Ala Pasar Jatinegara Buku Bekas Ala Pasar Jatinegara
Jumat, 01 Februari 2013
Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah
Selasa, 14 Februari 2012
Pasar Tiban Cibubur Pasar Tiban Cibubur
Selasa, 16 Agustus 2011

SHARE