Register Login
  1. Pasar Lokomotip

    Pasar Lokomotip Pasar Lokomotip
  2. Pasar Lokomotip

    Pasar Lokomotip Pasar Lokomotip
  3. Pasar Lokomotip

    Pasar Lokomotip Pasar Lokomotip
  4. Pasar Lokomotip

    Pasar Lokomotip Pasar Lokomotip
  5. Pasar Lokomotip

    Pasar Lokomotip Pasar Lokomotip

Pasar Lokomotip

Tempat yang tidak terduga dan ditemukan juga dengan cara yang tidak disengaja, itu lah cerita dimana saya menemukan tempat pasar unggas ini. Pasar Lokomotip di Jatinegara merupakan pasar dengan sejarah yang cukup panjang, namun hal itu disisihkan terlebih dahulu saat ini saya akan hanya sedikit membahas apa isi dari pasar ini.

Pasar Lokomotip mendengarnya saja merupakan nama yang tidak lazim digunakan untuk menamakan sebuah pasar.Apakah karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Setasiun Kereta Api Jatinegara. Lokomotip kata tersebut biasanya langsung membawa kita kesebuah benda yang berhubungan dengan kereta api, namun jangan salah tangkap dulu pasar ini bukan menjual peralatan ataupun suku cadang kereta, melainkan aneka unggas.
Pasar yang bisa di sebutkan tematik ini merupak sebuah pasar yang hampir semua pedagangnya menjajakan unggas serta perlengkapan dan juga pakannya.

Macam-macam unggas yang terlihat ditawarkan pedagang di pasar ini antara lain ayam negeri bibit, ayam kampong, ayam bekisar, ayam hutan, ayam hutan hijau, ayam pelung, bebek, burung puyuh, soang, entok, dan yang paling favorit adalah ayam juara yakni ayam aduan. Kenapa saya bisa katakan favorit karena banyak pelanggan yang sengaja datang ketempat ini untuk melihat serta membeli ayam jago yang untuk aduan. Di Indonesia adu ayam atau biasa dikatakan sabung ayam merupakan tradisi yang membudaya namun di Jakarta sudah jarang terlihat kegiatan sabung ayam, kalau di daerah-daerah masih banyak yang melakoninya untuk kegiatan yang bersifat pesta adat.

Namun sayang banyak juga yang menggunakan arena sabung ayam ini sebagai arena perjudian yang mengakibatkan kegiatan ini sebenarnya dilarang dan dapat di tindak oleh hukum, jadi membingungkan ya mengikuti tradisi atau harus tunduk kepada hukum yang berlaku. Ada beberapa ayam yang sedikit menyita perhatian saya karena bentuknya yang cantik serta bersuara merdu untuk ukuran ayam. Ayam kate diklaim sebagai ras ayam terkecil di dunia, meski berbadan cebol, ia bukan ayam murahan, ayam kate berkualitas bisa diboyong dengan harga mencapai jutaan bahkan lebih per ekornya.

Kembali lagi ke Pasar Lokomotip, di pasar ini jumlah pedagang kurang terdata dengan baik namun sepenglihatan dan menurut sumber dari pedagang, hampir 100-an pedagang yang sudah sejak lama berdagang di sini. Kalau bicara harga, seperti banyak kita ketahui di pasar yang berkatagori tematik ini biasanya lebih murah dan kelebihannya dapat di tawar pula jadi harga pastinya disetujui dengan bersalaman tangan antara pedagang dengan pembeli. Oh iya pasar ini pernah terbakar Agustus 2011 yang lalu karena sebab yang kurang begitu jelas, puluhan kios terbakar dan menyebabkan ribuan ayam yang mati. Namun selang beberapa saat tempat ini mulai bergolak kembali ke saat sebelum terbakar. (Roy, gedoor.com)



01 Februari 2012 - 11:38:21 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 1700
  • Jl. Bekasi Barat, Jakarta Timur
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Belanja Kereta Bayi Di Manggarai Belanja Kereta Bayi Di Manggarai
Senin, 27 Februari 2012
Pasar Mester Jatinegara Pasar Mester Jatinegara
Senin, 05 September 2011

SHARE