Register Login
  1. Museum Fotografi Antara

    Museum Fotografi Antara Museum Fotografi Antara
  2. Museum Fotografi Antara

    Museum Fotografi Antara Museum Fotografi Antara
  3. Museum Fotografi Antara

    Museum Fotografi Antara Museum Fotografi Antara
  4. Museum Fotografi Antara

    Museum Fotografi Antara Museum Fotografi Antara
  5. Museum Fotografi Antara

    Museum Fotografi Antara Museum Fotografi Antara

Museum Fotografi Antara

Dalam melakukan liputan, para jurnalis tidak hanya membuat laporannya ke dalam sebuah naskah berita saja tetapi juga didukung oleh foto yang bisa menggambarkan kejadian atau peristiwa hingga pembaca bisa memahami apa maksud yang disampaikan. Foto yang ditampilkan dalam sebuah berita disebut foto jurnalistik.

Bagi Anda yang menggemarifoto-foto jurnalistik, Anda bisa melihatnya di Museum fotografi antara di kawasan Pasar baru Jakarta Pusat. Awalnya, museum ini didirikan untuk menghargai para perintis dan pendahulu Antara atas jasa-jasa yang telah diberikan. Bangunan ini juga pernah memperoleh penghargaan dari pemerintah DKI Jakarta sebagai tapak sejarah perkembangan kota karena telah dipelihara dengan baik oleh Gubernur DKI Jakarta Surjadi Soedirja tahun 1993 silam. Sebelum memasuki ruangan, Anda diwajibkan terlebih dahulu mengisi buku tamu. Saat memasuki nya, berbagai macam foto-foto jurnalistik yang dipotret oleh para jurnalis Antara dipajang secara rapi.

Mulai dari foto peristiwa, tokoh-tokoh penting pemerintahan, dan lain-lain. Lantai kedua, menjadi pemandangan berbeda karena disini dipamerkan barang-barang antik seperti mesin tik dan mesin fax yang pernah digunakan wartawan Antara untuk menulis berita. Dipajang juga lembaran buletin berita yang disebarkan oleh tokoh Antara untuk mendukung perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Museum ini buka tiap hari dari pukul 10.00 pagi hingga 10.00 malam terkecuali hari Senin. Tema dari foto yang ditampilkan berbeda tiap bulannya tergantung dari event yang diadakan.

Foto yang ditampilkan juga tidak hanya dari jurnalis Antara tetapi terbuka juga untuk umum, mahasiswa dan wartawan dari media lain. Tapi, tentunya foto-foto tersebut harus diseleksi terlebih dahulu oleh kepala biro. Bagi Anda yang ingin mendalami dan berminat teknik fotografi, disini juga terdapat tempat pelatihan yang pengajarnya berasal dari jurnalis Antara. Museum ini terbuka untuk umum. Tapi kebanyakan, yang berkunjung adalah para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. " Pastinya senang bisa datang ke sini karena bisa dapat pengetahuan juga," ujar Filly, mahasiswi UNILA. Perlu diketahui, di museum ini juga menyewakan tempat bagi mahasiswa yang ingin mengadakan seminar jurnalistik atau berbagai event lainnya. (Arie)



07 Februari 2012 - 16:16:22 WIB
Foto : Arie / GeDoor.com
Dibaca : 2064
  • Jl. Antara 59, Jakarta Pusat 10710
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Setu Babakan Setu Babakan
Kamis, 11 Agustus 2011
Situs Candra Naya Situs Candra Naya
Kamis, 08 Maret 2012
Wisata Gajah Tunggang Wisata Gajah Tunggang
Kamis, 30 Juni 2011

SHARE