Register Login

Arsip Jayakarta

Gedung Pengarsipan Dokumen Daerah Jika anda berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat maka mampirlah di sebuah gedung disamping Galeri II. Di sana terdapat gedung perkantoran sekaligus gedup arsip dokumen daerah. Disebut dengan nama Arsip Jayakarta. Nama "Jayakarta" diambil dari nama Pangeran Jayakarta yang berhasil mengusir Belanda dari tanah Batavia.

Ia pula yang berinisiatif menetapkan ulang tahun Jakarta pada tanggal 22 Juni. Gedung Arsip Jayakarta ini berisikan dokumen-dokumen penting yang dimiliki oleh DKI Jakarta. Pada bagian lantai bawah gedung, terdapat dokumentasi foto-foto jadul Jakarta sebelum sebagus sekarang. Ada foto ketika Bundaran HI pada masa Orde Baru, ketika sekelilingnya belum terdapat gedung-gedung mewah, seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia. Sekeliling Bundaran HI masih hamparan tanah kosong.

Ada juga foto Monumen Nasional (Monas) pada 1960an. Foto-foto kota ini pada masa Presiden Soekarno masih terpampang dokumentasinya dengan baik di sana. Baru pada lantai atasnya, diisi dengan ruang perkantoran Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah. Sayangnya, jika anda ingin berkunjung ke tempat ini dan melihat dokumentasi kota Jakarta zaman dahulu maupun ke perpustakaanya harus ada izin khusus. Karena, di sini nggak boleh sembarang orang masuk melihat-lihat. Semoga Arsip Jayakarta menjadi salah satu referensi tempat bersejarah di Jakarta. (Agnes)



05 Oktober 2011 - 15:02:56 WIB

Dibaca : 1357

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Stadion Soemantri Brojonegoro Stadion Soemantri Brojonegoro
Rabu, 28 September 2011
Gedung Arsip Nasional RI Gedung Arsip Nasional RI
Senin, 19 September 2011
Gelanggang Olahraga Senen Gelanggang Olahraga Senen
Rabu, 28 September 2011

SHARE