Register Login
  1. Saksi Sejatah Terukir Di Tugu Pahlawan Surabaya

    Saksi Sejatah Terukir Di Tugu Pahlawan Surabaya Saksi Sejatah Terukir Di Tugu Pahlawan Surabaya
  2. Prasasti Di Tugu Pahlawan Surabaya

    Prasasti Di Tugu Pahlawan Surabaya Prasasti Di Tugu Pahlawan Surabaya
  3. Monumen 10 Nopember Surabaya

    Monumen 10 Nopember Surabaya Monumen 10 Nopember Surabaya
  4. Senjata Bersejarah Di Monumen 10 Nopember

    Senjata Bersejarah Di Monumen 10 Nopember Senjata Bersejarah Di Monumen 10 Nopember
  5. Patung Soekarno Hatta Di Monumen 10 Nopember

    Patung Soekarno Hatta Di Monumen 10 Nopember Patung Soekarno Hatta Di Monumen 10 Nopember
  6. Tugu Yang Melambangkan Perjuangan Rakyat Surabaya

    Tugu Yang Melambangkan Perjuangan Rakyat Surabaya Tugu Yang Melambangkan Perjuangan Rakyat Surabaya
  7. Tugu Pahlawan Surabaya

    Tugu Pahlawan Surabaya Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Jadi Saksi Sejarah Perjuangan Rakyat Surabaya

Secara umum, Indonesia memiliki banyak tugu atau pun monumen di setiap kota yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Monumen dalam berbagai bentuk adalah sebagai suatu bentuk penghargaan dalam perjuangan merebut kemerdekaan NKRI. Salah satu monumen yang cukup terkenal di Indonesia adalah Tugu Pahlawan yang terdapat di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan, Surabaya.

Tugu yang peletakan batu pertama pembangunannya oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno pada tanggal10 November 1951.
Momumen ini terletak di tengah-tengah kota Surabaya, dibangun disebuah tempat bekas reruntuhan gedung yang hancur dalam pertempuran di kota ini pada tanggal 10 Nopember 1945. Tempat ini juga terkenal dimana para pejuang menurunkan bendera Belanda yang mengakibatkan pemimpin Belanda yang bernama Jenderal Mallaby tewas.  

Tugu yang berbentuk seperti paku terbalik ini memiliki diameter bawah tugu lebih besar dari diameter atasnya. Tugu ini memiliki tinggi 41,15 meter atau 45 yard dan diameter 3,1 meter, yang semakin ke atas, diameter semakin kecil. Selain Tugu Pahlawan, di area ini terdapat patung mantan Presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta ketika sedang membaca proklamasi kemerdekaan.

Patung ini berada diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan dan terdapat beberapa patung pahlawan lainnya ada di area ini.
  Monumen berbentuk tugu ini mempunyai beberapa filosofi dalam konstruksi bangunannya antara lain 10 lengkungan (canalurus) pada badannya yang melambangkan tanggal 10. Sedang 11 bagian (gelindingen) di atasnya mengandung pengertian bulan ke 11 atau bulan November.

Tinggi yang 45 yard itu dengan sendirinya menyatakan tahun 1945 sebagai tahun terjadinya pertempuran di Surabaya. Keistimewaan Tugu Pahlawan ini adalah bahwa di bagian dalamnya terdapat tangga yang melilit dindingnya untuk naik sampai puncaknya. Seperti halnya yang terlihat di Tugu Monas yang ada di Jakarta.
 

Di area seluas 1,5 ha (kurang lebih) ini terdapat pula bangunan yang berfungsi untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Surabaya saat itu. Bangunan yang diberi nama Museum 10 Nopember itu mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2000.

Di dalam Museum 10 Nopember terdapat diorama tentang perjuangan rakyat Surabaya dan rekaman pidato Bung Tomo yang berhasil membangkitkan semangat berjuang rakyat Surabaya. Koleksi lainnya adalah berbagai benda peninggalan Bung Tomo, peta dan senjata-senjata yang digunakan pada saat berperang melawan Belanda dan sekutunya. Anda juga dapat menyaksikan film dokumenter yang menceritakan saat terjadinya pertempuran 10 Nopember 1945.
 

Tugu Pahlawan dan Museum 10 November terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di depan kantor Gubernur Jawa Timur, diapit oleh jalan-jalan protokol diantaranya Jl.Pahlawan, Jl. Bubutan, Jl. Tembaan, dan Jl. Kebon Rojo. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk memasuki kawasan Tugu Pahlawan ini.

Hanya saja biaya masuk dikenakan saat akan memasuki Museum 10 Nopember. Biaya masuk dikenakan Rp 2000/orang, beda dengan harga rombongan yang mendapat potongan khusus hingga 20% dari biaya masuk. (Fakhruddin Abd/geDoor)



30 September 2014 - 12:41:00 WIB
Foto : Fakhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 3868
  • Taman Kebunrojo, Kantor Gubenur Jawa Timur, Jl. Pahlawan Surabaya
  • Selasa - Jumat dibuka mulai pukul 08:00 Wib hingga pukul 14:30 Wib dan Sabtu - Minggu dibuka mulai p
  • Maps

SHARE