Register Login

Bangunan Kota Tua

Kota Tua masuk ke dalam wilayah Jakarta Barat yang merupakan salah satu kawasan wisata dengan konsep masa lalu yang menawarkan sebuah kesan peradaban peninggalan masa kolonial dahulu. Sebuah kawasan yang dilindungi oleh pemerintah daerah sebagai sebuah tempat bersejarah dengan cagar budaya serta bangunannya. Kota Tua Jakarta,juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama, yang pada masa lalu adalah sebuah wilayah kecil, yang sekarang adalah Jakarta. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat meliputi Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka.

Dijuluki Permata Asia dan Ratu dari Timur pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah. Karena itulah tempat ini menyedot banyak perhatian bangsa lain yang kemudian menjadi rebutan untuk para penjajah dengan memakai topeng perdagangan. Di masa penjajahan kolonial, sekitar abad ke-18 kawasan ini menjadi pusat Batavia, karena dekatnya dengan lokasi perdagangan laut.

Kota tua yang sekarang ini banyak terlihat bangunan tua yang sekarang menjadi museum dahulu kalanya adalah bangunan pemerintahan atau bangunan perniagaan. Kondisi sebagian besar bangunan di Kota Tua memang tampak kuno. Ini mungkin karena para pengelolanya sengaja membiarkannya demikian. Banyak juga bangunan yang tadinya tidak terpakai atau beralih menjadi sebuah kantor ataupun restoran, namun mereka tidak melakukan renovasi total hanya diperbaiki dan dicat karena renovasi total akan merusak cagar budaya dari Kota Tua itu sendiri.

Namun banyak juga terlihat bangunan yang terlantar tak terurus dan bisa dikatakan memprihatinkan, dan banyak dari bangunan tua di Kota Tua tampak rapuh dan tidak aman, baik bagi orang yang di dalamnya, ataupun bagi mereka yang ada di sekitarnya. Padahal banyak dari bangunan ini masih ditinggali atau digunakan, waduh berbahaya sekali bagaimana bila terjadi gempa bisa runtuh, mudah-mudahan sih tidak terjadi. Peranan pemerintahan daerah sangat diharapkan, banyak juga pemberitaan yang menyebutkan pihak swasta tertarik untuk kembali membuat kawasan kota Tua ini menjadi salah satu lokasi wisata yang aman bagi pengunjungnya. (Roy)



07 Desember 2011 - 17:31:43 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 2299

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Taman Topi Bogor Taman Topi Bogor
Rabu, 14 September 2011
Menikmati Pemandangan Nan Asri Menikmati Pemandangan Nan Asri
Selasa, 13 September 2011

SHARE