Register Login

Patung Dirgantara

Awalnya saya juga mengetahui bahwa patung yang berada persis di perempatan Pancoran itu adalah Patung Pancoran, namun ketika menginjakkan kaki di sana sambil mencari posisi angle untukmengabadikan patung yang sangat tinggi ini saya menemukan sebuah prasasti tepat di bawah patung tentang apa sebenarnya nama dari patung ini ternyata adalah patung ini bernama Patung Dirgantara.

Cukup sulit juga mengabadikan patung ini karena posisi patung yang mengapit dua jalan layang yang ketinggiannya setengah dari tinggi patung ini. Patung Dirgantara atau lebih dikenal dengan nama Patung Pancoran letak monumen ini berada tepat di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara pada waktu dulu yang banyak masyarakat menyebutnya Hanggar. Patung ini dirancang oleh Edhi Sunarso sekitar tahun 1964-1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta. Sedangkan proses pengecorannya dilaksanakan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta pimpinan I Gardono.

Berat patung yang terbuat dari perunggu ini mencapai 11 Ton. Sementara tinggi patung itu sendiri adalah 11 Meter, dan kaki patung mencapai 27 Meter. Proses pembangunannya dilakukan oleh PN Hutama Karya dengan Ir. Sutami sebagai arsitek pelaksana. Pengerjaannya sempat mengalami keterlambatan karena peristiwa Gerakan 30 September PKI di tahun 1965. Rancangan patung ini berdasarkan atas permintaan Bung Karno untuk menampilkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang dirgantara. Penekanan dari desain patung tersebut bermakna bahwa untuk mencapai keperkasaan, bangsa Indonesia mengandalkan sifat-sifat Jujur, Berani dan Bersemangat. (Roy)



08 November 2011 - 12:29:20 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 2409

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pulau Kelor Pulau Kelor
Senin, 19 September 2011
Mau Belanja Murah, Ke Taman Puring Saja Mau Belanja Murah, Ke Taman Puring Saja
Rabu, 17 September 2014
Berburu Barang Bekas Di Mall Rongsok Berburu Barang Bekas Di Mall Rongsok
Senin, 15 September 2014

SHARE