Register Login

Museum Transportasi Udara

Bila kita mempelajari berbagai model transportasi yang ada di Indonesia, udaralah yang memiliki kecepatan tak tertandingi. Melalui udara, jarak yang ditempuh jauh dan memakan waktu lama dengan jalan darat maupun laut, di udara hanya beberapa jam saja. Bahkandewasa ini, diakui atau tidak, transportasi udara menjadi sangat penting, terutama bagi mereka yang menempuh jarak jauh tapi dalam hitungan jam atau tatkala dibutuhkan pertolongan pada musibah. Jika jalan darat maupun laut tak bisa, jawabannya bantuan akan dikerahkan melalui udara.

Misalnya melalui helikopter SAR. Pentingnya transportasi udara menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan pada 1950, kali pertama Pesawat Cessna dengan mesin tunggal "cessna" dioperasikan dan sampai saat ini masih tetap digunakan. Pesawat ini sebagai alat transportasi untuk melayani masyarakat di pedalaman. Yuk, kita mengamati Pesawat milik Garuda Indonesia. Pesawat ini dulu dioperasikan dan digunakan untuk melayani masyarakat.

Di dalamnya kita dapat mempelajari berbagai alat maupun lokasi penumpang yang memakai jasa transportasi ini. Ketika memasuki ruang dalam pesawat, kita bisa menikmati dan mengerti isi yang terdapat di dalam pesawat. Memang pesawat ini salah satunya yang menyajikan berbagai pengetahuan untuk masyarakat. Jika kita memasuki museum, ternyata ada juga foto Pesawat Biplan Stearman lho. Seperti keterangan yang ada, pada 17 Desember 1903, di Amerika Serikat, Wright bersaudara melakukan penerbangan pertama pesawat bermotor selama 12 detik.

Pesawat mereka, Flyer adalah sebuah Biplan (kapal terbang bersayap 2 pasang) yang memiliki motor berbahan bakar minyak dan terbang sejauh 36 meter. Waw, bagus juga yah. Ada juga Pesawat Latih PK-ATK buatan Amerika Serikat pada 1970 dan Landing Tee buatan Jerman sekitar 1964. Pokoknya bakal banyak sekali yang informasi kita dapatkan. Makanya buruan ke Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Firman)



08 September 2011 - 14:29:14 WIB

Dibaca : 1833

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Bank Indonesia Museum Bank Indonesia
Rabu, 05 Oktober 2011
Gedung Museum Naskah Proklamasi Gedung Museum Naskah Proklamasi
Jumat, 12 Agustus 2011
Khazanah Khazanah
Kamis, 08 September 2011
Museum Nasional (Kesenian) Museum Nasional (Kesenian)
Senin, 15 Agustus 2011

SHARE