Register Login

Festival Jalan Jaksa 2011

Itulah tema bagi Festival Jalan Jaksa tahun ini. Ada yang beda pada perhelatan akbar festival gaya Betawi 2011. Biasanya, festival ini memang selalu diadakan pada bulan ulang tahun Jakarta hingga menjelang hari-hari kemerdekaan Republik Indonesia. Namun, ada yang berbeda dan lebih meriah.

Festival Jalan Jaksa 2011 tidak hanyaberada di Jalan Jaksa saja namun merambah ke Jalan Wahid Hasyim. Festival ini adalah agenda tahunan Kota Administrasi Jakarta Pusat. Di sana diadakah stand industri pariwisata, stand-stand umum seperti beragama jualan kuliner, baju-baju, hingga aksesoris. Tidak lupa pula, stand delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat. Di stand kecamatan ini, mereka bebas mendekorasi semeriah mungkin. Uniknya, beragam kuliner Betawi mereka jual di sana.

Jalan Jaksa terkenal oleh turis mancanegara. Di luar negeri, Jalan Jaksa memang terkenal sebagai "main backpacker and tourist street in Jakarta." Fauzi Bowo pada malam pembukaan festival ini turut berpesan kepada publik, "Jaga keamanan, kenyamanan, dan kebersihan wilayah Kebon Sirih. Itu kunci utamanya," tegasnya. Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat, Triyugo Prasetyo mengatakan, tujuan festival ini untuk semakin mempromosikan sekitar kawasan wisata malam jalan Jaksa, agar terus dapat memikat wisatawan. Selain itu hal ini juga akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar.

"Saya harap makin banyak turis ke Jalan Jaksa. Disini keistimewaannya adalah akomodasi yang dikelola oleh pemiliknya langsung. Suasana kekeluargaan disini juga kental. Apalagi untuk kantong turis backpackers, kawasan ini terkenal sangat murah," jelas Triyugo. Festival Jalan Jaksa pertama kali diselenggarakan pada 1994 atas kerja sama warga setempat, para pemilik restoran, dan pemerintah. Festival tahunan ini selalu menampilkan Budaya Betawi sebagai ciri khas utamanya, serta kebudayaan Indonesia lainnya.

Pada tahun ini, sepanjang Jalan Jaksa dan Jalan KH. Wahid Hasyim atau sepanjang 430 meter ini, banyak yang tersajikan. Selain budaya Betawi, juga terdapat tari-tarian Bengkulu dan Kalimantan. Oleh karena itu, tiap tahunnya wisatawan domestik dan luar negeri selalu tertarik menghadiri Festival Jalan Jaksa. (Agnes) Alamat Festival : Jalan Jaksa. Kebon Sirih. Menteng. Jakarta Pusat Jadwal Festival : Sabtu-Minggu, 23-24 Juli 2011



26 Agustus 2011 - 13:56:25 WIB

Dibaca : 1710

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Upacara Seren Taun Di Kuningan Upacara Seren Taun Di Kuningan
Kamis, 08 Maret 2012

SHARE