Register Login

Enrico Soekarno Gelar Pameran Karya Seni Dan Luncuran Buku KING INK

Enrico Soekarno seorang seniman yang telah berkarya sejak tahun 1988 dan terkenal lewat karya-karyanya yang mengusung objek sosial kemasyarakatan, kini kembali menghadirkan sebuah pameran tunggal karya seni dan peluncuran bukunya “KING INK”.

KING INK diluncurkanpada tanggal 2 Juni 2016 di D Gallerie, Jakarta, diresmikan oleh Bapak Triawan Munaf, Ketua Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan pamerannya akan berlangsung sampai dengan 30 Juni 2016. 

Lewat KING INK, Enrico Soekarno menyusun karya-karyanya lewat buku. Karya-karya didalam buku KING INK merupakan drawing dan etching hitam putih di atas kertas berukuran mungil, dari terkecil 8 x  12 cm hingga paling besar 40 x 40 cm, yang bila dipajang begitu saja di galeri yang lazimnya memajang lukisan berukuran besar, bisa jadi daya pukaunya akan susut.

Untuk itu, Enrico dengan cermat, mengumpulkan semua karyanya tersebut dalam sebuah buku yang mudah ditenteng bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Buku ini juga berperan sebagai “galeri berjalan”  untuk memiliki karya seni dengan skala yang tepat, dan lebih terjangkau. 

Buku berukuran 24 x 24 cm yang didesain oleh Visual Concept ini berisikan lebih dari 125 karya-karya gambar terpilih Enrico Soekarno sepanjang lebih 25 tahun berkarya dan dilengkapi dengan esai dari Oscar Motuloh dan Eddy Soetriyono.

Buku ini diterbitkan dan didistribusikan oleh penerbit ternama Red & White Publishing dan dicetak oleh Harapan Prima Printing.  Dalam karya-karyanya di KING INK, Enrico memilih media hitam-putih yang dipahami sebagai kerangka filsafat yin and yang, selalu menjaga keseimbangan dan keharmonisan.

Jika kita melihat karyanya, Enrico bekerja dalam detail, berbicara dengan pernik dan rinci, baik dari segi bentuk maupun isi, baik dari segi teknis maupun metafor, baik dari segi rupa maupun narasi. Sehingga, kehadiran karya-karyanya membutuhkan jarak pandang yang dekat dan akrab. 



03 Juni 2016 - 16:18:10 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 1328

SHARE