Register Login
  1. Keindahan Golden Sunrise Di Puncak Sikunir

    Keindahan Golden Sunrise Di Puncak Sikunir Keindahan Golden Sunrise Di Puncak Sikunir
  2. Dieng Culture Festival 2014

    Dieng Culture Festival 2014 Dieng Culture Festival 2014
  3. Keindahan Golden Sunrise Dieng

    Keindahan Golden Sunrise Dieng Keindahan Golden Sunrise Dieng
  4. Golden Sunrise Di Puncak Sikunir Dieng

    Golden Sunrise Di Puncak Sikunir Dieng Golden Sunrise Di Puncak Sikunir Dieng
  5. Puncak Sikunir Dieng Jawa Tengah

    Puncak Sikunir Dieng Jawa Tengah Puncak Sikunir Dieng Jawa Tengah

Keindahan Golden Sunrise Di Puncak Sikunir

Dataran tinggi Dieng secara umum terbagi menjadi dua wilayah Administratif yakni Dieng Kulon masuk Kabupaten Banjarnegara, sedangkan Dieng Wetan masuk Kabupaten Wonosobo. Dataran yang terletak diketinggian kurang lebih 2000 mdpl dijuluki  atapnya pulau Jawa ini memiliki keindahan pesona wisata yang mengagumkan. Daerah dengan luashingga dua wilayah administratif ini disebut-sebut juga sebagai dataran tinggi berpenghuni tertinggi kedua setelah Tibet.

Dieng merupakan daerah yang berada di wilayah pegunungan vulkanik aktif ini menjadi destinasi wisata favorit karena ada beberapa spot wisata yang menakjubkan dan juga bernilai sejarah. Selain beberapa candi yang menjadi peninggalan sejarah juga ada beberapa air terjun dan beberapa telaga yang sudah cukup dikenal masyarakat luas. Juga ada beberapa gunung di kawasan yang memiliki cuaca ekstrim ini juga menjadi salah satu tujuan dari para wisatawan dan pendaki dari luar daerah untuk didaki.

Salah satunya adalah Puncak Sikunir yang memiliki ketinggian 2.263 mdpl. Gunung ini berada didekat desa Sembungan yang juga menjadi desa tertinggi di pulau Jawa. Puncak ini memiliki titik pandang terbaik untuk menyaksikan matahari terbit secara sempurna yang tidak terpengaruhi oleh cuaca buruk sekalipun. Dengan rute perjalanan yang relatif mudah ini bisa ditempuh dengan perjalanan 1 jam dari kaki gunung yang juga berada di Telaga Cebong. Suhu udara di Kawasan Dieng ini umumnya berkisar antara 15 hingga 10 derajat celcius.

Namun ketika memasuki musim-musim kemarau (seperti di awal bulan Juni hingga Agustus) suhu udara di Dieng bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius, titik Suhu ini mampu membuat beku embun di pagi hari. Masyarakat sekitaran Dieng menyebut fenomena tersebut dengan istilah Bun Upas’ atau embun racun (dinamakan embun racun karena embun beku yang menempel pada tanaman dapat merusak tanaman seperti pada tanaman kentang dan kubis yang merupakan komoditas utama masyarakat Dieng dalam bidang pertanian).

Lokasi wisata dengan jarak tempuh kurang lebih 481 Km dan waktu tempuh 12 jam dari  Kota Jakarta ini memberlakukan retribusi pemeliharaan wilayah Rp
10.000/ orang. Sementara untuk dapat menyaksikan Golden Sunrise dari Puncak Sikunir dan menikmati alam Telaga Kecebong yang dikelilingi bukit dan gunung anda dapat menempuhnya dengan menaiki sampan motor dari pinggiran telaga. (Fakhruddin Abd/ geDoor)  




03 September 2014 - 12:02:58 WIB
Foto : Eddy/Fakhruddin/gedoor
Dibaca : 2118
  • Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Keprajuritan Keprajuritan
Kamis, 08 September 2011

SHARE