Register Login
  1. Roti Unyil

    Roti Unyil Roti Unyil

Roti Unyil Buah Tangan Spesial Dari Kota Hujan

Kota ini memiliki banyak varian oleh-oleh yang bisa dijadikan buah tangan mulai dari yang tradisional sampai modern dapat dengan mudah di temui di kota Bogor. Roti Unyil merupakan salah satu penganan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi kerabat maupunkeluarga. Roti Unyil memang memang mirip dengan penamaannya, karena bentuk roti yang kecil-kecil atau mini.

Roti Unyil sebenarnya adalah roti manis dengan isi beraneka ragam, ada yang isinya coklat, keju, sosis, daging asap atau taburan mesis. Ukuran Roti Unyil ini kecil tidak lebih dari 5 sentimeter sehingga habis dalam satu atau dua suapan. Mungkin karena ukurannya yang mini, maka roti ini dinamakan Roti Unyil (Unyil adalah nama tokoh boneka ciptaan Indonesia yang filmnya cukup terkenal di era tahun 1980-an).

Saat ini Roti Unyil sudah populer dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas favorit dari Kota Bogor. Jika melihat variasi dan bahan pembuatnya, Roti Unyil tidak jauh berbeda dibandingkan roti lain. Bahan dasar untuk membuat Roti Unyil adalah tepung terigu protein tinggi, gula pasir, kuning telur, garam, margarine, serta air. Sedangkan untuk variasi rasanya, anda bisa memilih rasa abon, keju, sosis, bakso, cokelat, moka, susu, jagung, dan kacang. Ada pula roti yang dipadukan dengan buah-buahan seperti pisang, nanas, stroberi, serta kismis.

Bila bosan dengan rasa tunggal, tersedia roti dengan rasa kombinasi misalnya cokelat misis, cokelat kacang, keju sosis, keju pisang, pisang cokelat, dan sebagainya. Sampai saat ini berjamuran toko-toko di kawasan Bogor yang menyajikan Roti Unyil dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Namun salah satu toko yang menyajikan Roti Unyil dan telah terkenal adalah toko kue J’s Cheese Cakes atau Jumbo Bakery. 25 potong Roti Unyil dibandrol 35 ribu saja. Dalam satu kotak Roti Unyil ini terdapat beberapa varian rasa antara lain coklat, keju, sosis, daging asap atau taburan mesis, abon, kacang dan pisang bakar. Selain itu toko ini juga menjual banyak item oleh-oleh khas bogor mulai dari asian hingga keripik. (Roy/gedoor)
 



03 Juni 2014 - 10:58:36 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 2030

SHARE