Register Login
  1. Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi

    Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi
  2. Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi

    Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi
  3. Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi

    Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi

Berburu Ikan Cupang Hias Atau Aduan Di Slipi

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Bagi yang gemar memelihara ikan ini, ikan cupang pada umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias,cupang aduan dan cupang liar. Di Indonesia sendiri terdapat cupang asli, yaitu Betta Channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama, sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Dan kawasan Slipi tepatnya di wilayah Kotabambu adalah pusat dari komunitas pecinta ikan cupang terbesar di Jakarta. Karena lokasi ini merupakan cikal bakal penghasil budidaya ikan cupang hias, dan sering didatangi para penggemar ikan ini baik itu dari lokal atau mancanegara.

Di tempat ini, hampir segala jenis ikan cupang ada di sini, baik itu cupang hias atau aduan. Untuk jenis ikan cupang hias sendiri ada beberapa jenis, seperti Halfmoon (setengah bulan), cupang jenis ini mempunyai sirip dan ekor yang lebar dan menyerupai bentuk bulan setengah. Ada juga jenis Crowntail (ekor mahkota) atau serit, Double tail (ekor ganda), Plakat Halfmoon, dan Giant (cupang raksasa), jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang giant ini ukurannya bisa mencapai 12 cm. Biasanya ikan cupang hias ini dipelihara karena keindahan ekor dan siripnya. Dan sering juga ikan cupang hias ini dipelihara untuk diikuti dalam kontes ikan cupang hias sering diadakan di tempat ini.

Sedangkan ikan cupang aduan banyak jenisnya, dan gaya bertarungnya pun berbeda-beda, ada yang bertipe fighter, dancer dan lugher. Tiap tipe petarung dari ikan cupang ini memiliki kelemahan tersendiri, dan biasanya pehobi sudah tahu berbagai kelemahan dari jenis-jenis ikan cupang aduan ini. Ciri-ciri umum cupang aduan seperti badannya yang ramping, sisik kecil-kecil tebal, bentuk dahi seperti ikan arwana dan ring bibir tebal. Jenis ikan ini terbilang sangat agresif, dan bila bertemu lawannya ikan ini akan langsung menyerang, bahkan bisa berakhir dengan kematian lawannya. Biasanya harga ikan cupang ini berkisar Rp 5.000-100.000 baik hias atau adauan. Bahkan ada ikan cupang yang harganya sampai jutaan rupiah apabila ikan tersebut sering menjuarai kontes.



23 Mei 2013 - 13:57:01 WIB
Foto : Angga/gedoor.com
Dibaca : 13097
  • Jl. KS Tubun III, RW 04, Kelurahan Slipi, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat
  • Setiap Hari 09:00-16:30 Wib
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Monas (Pameran Foto) Monas (Pameran Foto)
Selasa, 11 Oktober 2011
Lyto Online Entertainment Co. Lyto Online Entertainment Co.
Selasa, 06 September 2011
Olahraga Sepakbola Olahraga Sepakbola
Jumat, 20 Januari 2012
WoW WoW
Kamis, 10 November 2011

SHARE