Register Login
  1. Mengenal Pusaka Nusantara di Museum Pusaka TMII

    Mengenal Pusaka Nusantara di Museum Pusaka TMII Mengenal Pusaka Nusantara di Museum Pusaka TMII
  2. Mengenal Pusaka Nusantara di Museum Pusaka TMII

    Mengenal Pusaka Nusantara di Museum Pusaka TMII Mengenal Pusaka Nusantara di Museum Pusaka TMII

Mengenal Pusaka Nusantara Di Museum Pusaka TMII

Jika kalian bingung ingin berwisata murah namun tidak tahu mau kemana, maka Taman Mini Indonesia Indah dapat menjadi salah satu alternatif tempat wisata murah meriah untuk di kunjungi. Di sini,kita bisa banyak belajar mengenai budaya-budaya yang ada di nusantara. Salah satunya adalah Museum Pusaka nusantara yang menyimpan berbagai pusaka keris dan tombak dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum Pusaka ini memamerkan benda-benda koleksi senjata khas nusantara. Museum ini bertujuan untuk merawat, melestarikan, mengumpulkan serta menginformasikan benda-benda budaya berupa senjata tradisional kepada generasi penerus. Tujuan luhur ini agar generasi penerus bangsa merasa bangga terhadap bangsa ini yang memiliki beragam senjata tradisional. Selain memamerkan benda-benda koleksi senjata seluruh nusantara, seperti keris, rencong, badik, Mandau, terdapat pula informasi di ruang pameran mengenai berbagai hal mengenai pusaka.

Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah mengoleksi 6.000 macam keris. Lima ribu di antaranya hibah dari Museum Tosan Aji, Kwitang, Jakarta Pusat. Koleksi tertua di museum ini adalah keris dari peninggalan zaman mataram abad ke-18. Koleksi ini termasuk keris tindih atau keris yang menjadi penyeimbang keris lain yang dianggap mempunyai kekuatan tertentu. Keris tersebut hasil karya Mpu Brojoguno. Terbuat dari baja dan besi. Guratan dan pamornya (aura) terbuat dari batu meteor. Dari pamor itu biasanya diketahui tujuan keris dibuat. Keunikan keris ini dapat berdiri tegak lurus diatas sarungnya. Keunikan tercipta karena pembuatan keris sangat teliti dalam mengukur keseimbangan. Jadi bagi anda yang ingin berlibur sambil belajar tentang pusaka-pusaka yang ada di nusantara, maka kunjungilah Museum Pusaka Nusantara ini sambil mempelajari berbagai pusaka nusantara kita sebagai peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan. (Angga W.Wardani)



29 April 2013 - 16:06:03 WIB
Foto : Angga W.Wardani/ GeDoor.com
Dibaca : 3192

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Layang-Layang Indonesia Museum Layang-Layang Indonesia
Selasa, 05 Juli 2011
Museum Nasional (Arca) Museum Nasional (Arca)
Jumat, 12 Agustus 2011
Museum Transportasi Laut Museum Transportasi Laut
Kamis, 08 September 2011
Museum Tekstil Jakarta Museum Tekstil Jakarta
Rabu, 10 Agustus 2011
Museum Wayang Museum Wayang
Kamis, 04 Agustus 2011

SHARE