Register Login

Aneka Ragam Barang Di Pasar Jatinegara Meester

Pasar Regional Jatinegara Pasar Jatinegara merupakan sebuah pasar yang tergolong pasar besar yang berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pasar ini berdekatan dengan Pusat Grosir Jatinegara, SMP Negeri 14 Jakarta dan Stasiun Jatinegara. Pasar ini dahulu bernama Mester Passer (Pasar Mester) dan pasar ini di lalui oleh Trem Batavia.

Pasar ini juga disebut Pasar Kamis karena dahulu pasar ini dibuka setiap harikamis. Pada masa penjajahan Belanda, Jatinegara merupakan pusat dari kabupaten yang dikenal sebagai Meester Cornelis. Kabupaten Jatinegara saat itu meliputi Bekasi, Cikarang, Matraman dan kebayoran. Nama Meester Cornelis diganti menjadi Jatinegara pada masa pendudukan Jepang sekitar tahun 1942.

Meskipun demikian, nama Jatinegara yang berarti 'negara sejati' itu sudah dipopulerkan oleh Pangeran Ahmad Jayakarta saat beliau mendirikan perkampungan Jatinegara Kaum di wilayah Pulo Gadung, Jakarta Timur. Versi lain mengatakan bahwa nama Jatinegara diadaptasi dari banyaknya pohon jati yang masih ditemukan di kawasan tersebut pada masa pendudukan Jepang, sehingga nama Meester Cornelis diganti menjadi Jatinegara.

Pada pertengahan abad ke 17, Belanda memberikan izin pembukaan hutan di sebuah kawasan yang jaraknya kira-kira 15-20 kilometer dari Batavia kepada Cornellis Senen (seorang guru agama Kristen). Cornellis Senen adalah seorang keturunan Portugis yang berasal dari Lontor, Pulau Banda. Dia mampu berkhotbah dalam bahasa Melayu maupun Portugis (Kreol). Cornellis Senen biasa dipanggil Meester yang berarti tuan guru.

Konon beliau ditolak oleh panitia ujian saat beliau ingin menempuh ujian untuk menjadi seorang pendeta pada tahun 1657. Bisa jadi beliau ditolak karena beliau bukan asli keturunan Belanda. Namun demikian, beliau diberi hak untuk membuka hutan dan menebang pohon jati di tepi sungai Ciliwung. Hutan yang dibukanya kini menjadi daerah padat penduduk yang dikenal sebagai Jatinegara. Nama Meester sendiri diabadikan menjadi Pasar Meester. (Sumber: Wikipedia) Pasar Lama Jatinegara atau lebih dikenal dengan Pasar Mester, merupakan pusat ekonomi bagi warga Jatinegara. Pasar Lama Jatinegara mempunyai banyak deret bangunan dimana dulunya dikenal dengan bangunan Belanda, dan sebagian masih kokoh berdiri namun sedikit kusam karena tidak terurus dengan baik.

Di sekitar pasar tersebut juga terdapat pedagang-pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Pasar ini menjual berbagai macam yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari kebutuhan sandang sampai pangan. Mulai dari kebutuhan akan busana sampai kuliner. Barang-barang yang dijual di pasar ini tentu saja secara harga lebih murah dibandingkan tempat lainnya yang menjual secara eceran.

Banyak pedagang yang berjualan di sini berjualan secara grosiran maupun satuan. Membeli secara grosiran tentunya lebih menguntungkan karena selisih harga yang cukup jauh dibandingkan membeli dengan harga eceran. Mau cari peralatan dapur, jangan khawatir di tempat ini anda akan menemukan peralatan dapur yang anda butuhkan. Karena cukup banyak pedagang yang menjual aneka peralatan dapur di bagian sebelah kanan pasar yang menuju pintu keluar.

Mau beli mainan anak juga ada di pasar ini. Nah bagi yang akan menikmati kuliner ada juga pedagang yang menjual kue-kue jajanan pasar sampai kue-kue yang sudah cukup langka macam Kue Rangi maupun Bandros. Namun sebegitu vitalnya peran Pasar Regional Jatinegara ini tidak dikelola dengan baik, menurut pengamatan saya ada beberapa faktor yang harusnya sudah dibenahi sejak lama yakni masalah tata kelola perparkiran yang semeraut. Banyak kendaraan yang tak tertampung di parkiran pasar ini memunculkan parkir liar disepanjang jalan utama yang menyebabkan kemacetan pada jam-jam sibuk seperti di pagi hari maupun sore hari. (Roy)




16 Juli 2012 - 10:39:42 WIB

Dibaca : 6552
  • Jl. Pasar Barat Bali Mester Jatinegara, Jakarta Timur
  • Setiap Hari 05:00-18:00 Wib
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pusat kerajinan rotan Pejaten Pusat kerajinan rotan Pejaten
Rabu, 29 Februari 2012
Berburu Karpet Di Tanah Abang Berburu Karpet Di Tanah Abang
Kamis, 07 Januari 2016
HERO HERO
Senin, 06 Juni 2011

SHARE