Register Login
  1. Patung Perjoangan Jatinegara

    Patung Perjoangan Jatinegara Patung Perjoangan Jatinegara
  2. Patung Perjoangan Jatinegara

    Patung Perjoangan Jatinegara Patung Perjoangan Jatinegara

Patung Perjoangan Jatinegara

Ide pembuatan patung diprakarsai oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu Ali Sadikin. Monumen untuk mengenang peristiwa-peristiwa perjuangan rakyat di Jakarta Timur pada umumnya dan Jatinegara pada khususnya. Berbagai peristiwa yang pernah terjadimerupakan rangkaian perjuangan di daerah-daerah, seperti Pasar Jangkrik (Pasar Macan), Paseban, Kampung Melayu, Pulomas, dsb. Monumen dibangun di ujung Jl. Matraman pada pertemuan Jl. Jatinegara Barat dan Urip Sumoharjo dekat Gereja Koinonia.

Sedianya monumen ini akan dibangun di sekitar lokasi Viadek (viaducht) Jatinegara tetapi karena lokasi tidak memungkinkan, dialihkan di Jl. Matraman Raya. Patung di atas adalah Patung Perjoangan Jatinegara. Dibangun pada masa jabatan gubernur dki Tjokropranolo pada tahun 1987. Sudah beberapa kali mengalami pemugaran termasuk oleh Sutiyoso. Monumen ini dibangun dengan gaya realis berbentuk sosok manusia yang berdiri tegak di atas landasan yang tingginya 3 meter.

Patung yang menggambarkan seorang pemuda berukuran 2,5 m berdiri tegak dengan tangan di dada sambil memeluk senapan, dipunggungnya tergantung sebuah ransel, berikat pinggang dengan dilengkapi peralatan perang seperti pistol, granat golok, dompet dan sebuah tempat minum. Di samping berdiri seorang anak laki-laki setinggi 1 m  bercelana pendek tanpa baju dengan kaki telanjang, di leher bergantung sebuah ketepel.

Di bawah patung terdapat tulisan patung perjuangan Jatinegara, diresmikan tanggal 7 Juni 1982 oleh Gubernur KDKI Jakarta, Tjokropranolo. Patung yang berdiri di pertigaan Jatinegara ini menggambarkan seorang pejuang dengan senjatanya; berdiri bersebelahan dengan seorang anak kecil. Semangat perjuangan yang tidak mengenal usia.Pembuatan patung ini memakan waktu 2,5 tahun, bahan pembuatan patung ini adalah beton cor dan gips, pengecoran dilakukan di Yogyakarta. Sebagai pematungnya adalah Haryadi. (Roy)



01 Februari 2012 - 12:35:17 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 2156
  • Jl. Matraman Raya, Jakarta Timur
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Upacara Seren Taun Di Kuningan Upacara Seren Taun Di Kuningan
Kamis, 08 Maret 2012
Gedoeng Galangan Kapal VOC Gedoeng Galangan Kapal VOC
Senin, 25 Maret 2013

SHARE