Register Login
  1. Bursa Lukisan

    Bursa Lukisan Bursa Lukisan
  2. Bursa Lukisan

    Bursa Lukisan Bursa Lukisan
  3. Bursa Lukisan

    Bursa Lukisan Bursa Lukisan

Bursa Lukisan

Bagi anda penggemar lukisan atau yang suka sekali dilukis, wajib datang ke tempat ini. Ya, tepatnya di Jl. Pos Depan Gedung Kesenian Jakarta kawasan Pasar Baru terdapat galeri yang menjual berbagai macam lukisan. Bagi yang baru pertama kali melewatinya, dari luar sudahterlihat berbagai macam lukisan yang dipajang. Mulai dari lukisan wajah, pemandangan, dan lainnya.

Di sepanjang jalan ini terdapat 29 kios yang sudah siap menerima pesanan anda. Rata-rata penjual lukisan disini adalah pendatang dari luar Jakarta dan mempunyai bakat melukis. Awalnya, pada tahun 1980-an wilayah ini merupakan tempat penjualan kartu ucapan seperti hari raya atau ulang tahun. Lama kelamaan sepi sehingga penjualnya mulai mencari sampingan menjadi pelukis dan mampu bertahan sampai sekarang. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1990 dan sudah diresmikan oleh PEMDA DKI Jakarta. Mulai beroperasi sejak pukul 09.00 pagi hingga malam.

Tadinya, kawasan ini akan dipindah ke Lapangan Banteng tetapi para pelukis menolak dengan alasan kestrategisan dan tepat di depan Gedung Kesenian Jakarta. Perlu diketahui, pelukis di sepanjang jalan ini sudah terdaftar sebagai anggota KPPI (Kelompok penulis pelukis Indah). Harga lukisan sendiri bervariasi tergantung ukuran. Mulai dari 500 ribu hingga 3 juta. Dan tidak hanya lukisan, banyak juga yang memesan karya seni lain seperti karikatur, siluet, sketsa dan lainnya. Menurut Nanang, salah satu penjual lukisan, jenis yang paling banyak diminati adalah sketsa wajah.

Proses pembuatannya memakan waktu kurang lebih 10 menit atau seharian. Pengunjung bisa memesan dengan datang di tempatnya langsung atau dengan menunjukkan foto yang akan dibuat sketsanya. Pembeli di sini berasal dari berbagai golongan, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga artis serta pejabat. Mereka memesan lukisan atau sketsa wajah untuk dijadikan hadiah, kenang-kenangan atau koleksi di rumah. Jika dilihat, aktifitas di wilayah ini tidak terlalu ramai. Hanya terlihat satu atau dua orang pembeli saja di setiap toko. Jalanannya pun bersih dan asri karena ditutupi oleh pohon-pohon rindang. (Arie)



31 Januari 2012 - 16:50:03 WIB
Foto : Arie / GeDoor.com
Dibaca : 2549
  • Depan Gedung Kesenian Jakarta, Jl. Pasar Baru, Jakarta Pusat
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Terusik Traxkutik 2011 Terusik Traxkutik 2011
Selasa, 08 November 2011
Cublak-Cublak Suweng Cublak-Cublak Suweng
Senin, 09 Januari 2012
Aneka Burung di Jalan Barito Aneka Burung di Jalan Barito
Jumat, 03 Februari 2012

SHARE