Register Login

Tekken

Kalau ditanya Game fighting apa yang paling seru/? Jawabannya sudah pasti adalah Tekken. Game yang diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan game besar di Jepang yaitu Namco ini, sudah ada sejak tahun 1994 dan masih terus dikembangkan sampai saat ini. Tekken pertama kali dirilis sebagai Game Arcade (atau lebih sering disebut Game Dindong di Indonesia) pada tahun 1994 di Jepang dan baru mulai dirilis ke game konsol PlayStation pada tahun 1995.

Semenjak itu, Tekken menjadi sangatterkenal dan dikembangkan versi terbarunya menjadi Tekken 2 pada tahun yang sama yaitu 1995. Saking hebat dan terkenalnya, game ini mendapatkan Guinness Worlds Records sebagai "Game PlayStation pertama yang terjual hingga satu juta unit" dan "Game Fighting dengan fitur simulasi 3D pertama". Tekken menampilkan ilmu beladiri dari berbagai negara di penjuru dunia, mulai dari tinju, karate, kungfu, taekwondo, dan berbagai ilmu beladiri lainnya yang ditampilkan dalam pertarungan 3D sehingga terlihat seperti nyata.

Pada tahun 1997, Namco mengeluarkan versi terbaru dari Tekken yaitu "Tekken 3" di mesin dindong dan baru dirilis ke PlayStation pada pertengahan tahun 1998. Tekken 3 mempertahankan sistem dan konsep pertarungan dari Tekken sebelumnya, tapi menampilkan grafik dan animasi yang jauh lebih bagus dari sebelumnya dengan lima belas karakter baru, dan musik yang lebih modern. Belum selesai dengan kesuksesannya di PlayStation. Namco kali ini merilis versi terbarunya yaitu Tekken 4 di PlayStation 2 pada tahun 2002. Dengan kemampuan PlayStation 2, Tekken 4 menampilkan grafik yang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Di Tekken 4, player dapat menghancurkan berbagai barang-barang di sekitarnya seperti tempat sampah, mobil, dan lain-lain sehingga memberikan efek pertarungan yang lebih nyata.

Setelah PlayStation dan PlayStation 2, kali ini Namco mengeluarkan versi terbarunya lagi yang dapat dimainkan di PlayStation 2 dan PlayStation Portable (PSP) yaitu Tekken 5 pada tahun 2005. Lagi-lagi Namco sukses mengembangkan grafik dan sistem permainan Tekken dari versi Tekken yang sebelumnya. Tekken 5 memberikan sistem baru yaitu Ranking System dimana player bisa mempunyai ranking setiap kali bertarung dan dapat terus menaikkan rankingnya. Dan belum selesai sampai disitu, Namco mengeluarkan update terbaru dari Tekken 5 yaitu "Tekken 5: Dark Resurrection" yang memberikan beberapa karakter baru dan dapat dimainkan di PlayStation 3. Tekken 5: Dark Resurrection mendapatkan empat penghargaan dari IGN yaitu "Game Fighting PSP terbaik tahun 2006", "Teknologi grafik terbaik di PSP tahun 2006", "Juara kedua Game Offline Multiplayer terbaik tahun 2006", dan "Game Fighting terbaik tahun 2006".

Pada tahun 2007, Namco mengeluarkan versi terbaru Tekken yaitu Tekken 6 yang pertama kali diliris sebagai game dindong. Tekken 6 baru dirilis ke PlayStation 3 dan Xbox 360 pada tahun 2009 dan ke PSP pada tahun 2010. Dengan fitur dan grafik yang lebih besar lagi daripada pendahulunya, Tekken 6 sukses menjadi game fighting yang terkenal dan dimainkan hingga kini. Meski tidak mempunyai konsol PlayStation 3, saat ini kita dapat memainkan Tekken 6 di mesin dindong di bioskop. (Audi)



17 November 2011 - 15:41:25 WIB

Dibaca : 2437

SHARE