Register Login

Museum Kebangkitan Nasional (Sebelum Pergerakan)

Siapa yang senang bila hidup dalam kekangan penjajah? Tak dapat kata bebas dan dapat melakukan aktivitas sesuka hati. Maupun berpikir maju meraih masa depan. Semua terlalu berat dijalani. Dan hanya ada kata berjuang untukmelepaskan semua itu. Hal ini banyak dilakukan oleh pejuang bangsa di masa silam. Walau masih berumur belia, namun semangat untuk mencapai kemerdekaan senantiasa bergelora.

Misalnya, Martha Christina Tiahahu (1801 - 1818). Walau ketika ikut perang baru 16 tahun, namun kecintaannya terhadap tanah air membangkitkan dirinya bersama pahlawan lain di Maluku dalam menghadapi Belanda. Ia pun mendapat predikat "Mutiara dari Nusa Laut". Atau patung Cut Nyak Dien, pahlawan wanita asal Aceh Besar. Yang rela berjuang melawan Belanda, hingga kehilangan suami tercinta. Walau pada akhirnya, beliau pun tertangkap dan diasingkan di Sumedang hingga meninggal.

Di sinilah, terdapat gambaran umum tentang perjalanan bangsa sejak kali pertama kedatangan bangsa penjajah. Terdapat replika Kapal VOC. Kali pertama Kapal VOC pada 1596 di bawah pimipinan Cornelis De Houtman mendarat di Banten. Sejak saat itulah, banyak kapal-kapal dagang Belanda datang ke Indonesia. Tidak sedikit tenaga-tenaga pribumi diperkejakan secara kejam. Awalnya menjadi kuli kontrak, namun pada gilirannya tenaga mereka ditindas dan diperas bahkan tak digaji. Inilah salah satu alasannya melakukan perlawanan.

Dan untuk melawannya, Belanda menggunakan Meriam VOC. Meriam tersebut sengaja dibawakan langsung orang Belanda sebagai senjata. Juga akan ditemukan lambang Hindia Belanda. Setelah VOC jatuh pada 31 Desember 1799, kekuatan diambil alih Hindia Belanda. Lambang bertuliskan Je Maintiendrai memiliki arti saya akan tetap berkuasa. Tapi hal itu tidaklah terwujud. Karena pada 1942, pemerintah Hindia ditundukkan Jepang. (Firman)



03 November 2011 - 17:01:24 WIB

Dibaca : 1960

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Streetwear Tour 2014 Streetwear Tour 2014
Kamis, 11 September 2014
Kota Wisata Cibubur (China) Kota Wisata Cibubur (China)
Kamis, 25 Agustus 2011

SHARE