Register Login

Museum Transportasi Laut

Berjaya di masa lampau menjadi tolak ukur masyarakat untuk mengenangnya. Semula masyarakat tak tahu menjadi paham dan mengerti akan adanya kejayaan di masa dulu. Akhirnya menghargai mereka untuk dikenang adalah salah satu tujuan. Memiliki nilai sejarah yang besar dalam perjalanan di Indonesia ini.

Adalah Perahu Pinisi.Walau termasuk perahu layar, namun Pinisi yang merupakan perahu tradisional masyarakat Bugis, memiliki nilai penting bagi Indonesia. Dalam rangka keikutsertaannya dalam Pameran Expo di Vancouver Canada, dibuatlah sebuah Perahu Pinisi dengan nama Pinisi Nusantara. Dan perahu ini berhasil mengarungi lautan pasifik hingga sampai ke Vancouver Canada dengan selamat. Perahu Pinisi sendiri dipergunakan masyarakat Bugis untuk melakukan perdagangan ke berbagai darerah.

Bukan saja di wilayah nusantara, tapi sampai ke negara lain yaitu ke Madagaskar dengan mengarungi lautan. Bahkan, dipergunakan sebagai armada angkatan perang. Walau dewasa ini, perahu pinisi dipergunakan untuk mengangkut barang dan penumpang antar pulau. Dan perahu ini sekarang dilengkapi dengan motor. Seperti apa bentuknya? Anda penasaran pada Perahu Pinisi yang memiliki nilai sejarah di Indonesia bukan? Bila iya, datang saja ke Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sana terdapat miniatur dari Perahu Pinisi.

Dan tunggu dulu. Ada pula jenis miniatur perahu lain yang dipamerkan lho. Misalnya Perahu Layar Lancang Kuning. Perahu tradisional ini menjadi legenda masyarakat melayu yang berada di pesisir pantai Sumatera. Yaitu Kepulauan Riau hingga ke Kalimantan Barat. Menurut legenda yang tertulis di sana, pada masa kerajaan Melayu, Lancang Kuning adalah perahu milik seorang putri melayu yang cantik. Putri tersebut biasa berlayar dengan didampingi para pengawal dan pendayung yang seluruhnya menggunakan pakaian berwarna kuning. Hal ini disesuaikan dengan warna kapal. Sang putri sering berlayar menelusuri pantai, dari pantai jambu air sampai ke Riau. Selama pelayaran ini, di buritan kapal mengiringi berbagai jenis ikan.

Sehingga laut senantiasa penuh ikan yang memudahkan para nelayan untuk menangkapnya. Atau ada pula Perahu Lette. Yakni kapal layar tradisional masyarakat Madura. Kapal layar ini merupakan alat transportasi masyarakat Madura untuk melakukan perdagangan ke berbagai pulau di nusantara. Saat ini Perahu Lette dipergunakan untuk mengangkut berbagai kebutuhan pokok dari Jawa Timur ke berbagai wilayah Indonesia Timur. Hebat yah? Sungguh kaya sejarah Indonesia ini. (Firman)




08 September 2011 - 14:41:56 WIB

Dibaca : 1772

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Nasional (Budaya Nusantara) Museum Nasional (Budaya Nusantara)
Jumat, 12 Agustus 2011
Khazanah Khazanah
Kamis, 08 September 2011
Meriam Si Jagur Meriam Si Jagur
Rabu, 23 November 2011
Museum Basoeki Abdullah Museum Basoeki Abdullah
Selasa, 05 Juli 2011

SHARE