Register Login

Taman Suropati

Keberadaan taman di Ibukota Jakarta memang dirasakan masihlah sangatlah kurang, disamping kurang keberadaan taman yang sudah ada juga kurang terpelihara dengan baik dapat dilihat dari taman-taman yang secara ukuran cukup kecil rata-rata kurang terurus dengan baik. Salah satu taman yang terawat serta tertata dengan baik adalah Taman Suropati yang menjadi kebanggaan warga kota Jakarta Pusat, dilihat dari letaknya taman ini cukup srategis yakni di wilayah Menteng yangterkenal akan kerimbunan pohon-pohon yang menghiasi jalanan.

Di taman ini setiap hari akan terlihat ramai tapi akan mencapai keramaian adalah di waktu Sabtu dan Minggu serta hari libur, dikarenakan banyak warga sekitar ataupun yang sengaja datang ke taman ini untuk berolah raga atau sekedar untuk menghirup udara segar pada pagi hari. Macam-macam jenis olahraga yang dilakukan pengunjung taman, ada yang sekedar Jogging atau ada yang berkelompok untuk mengikuti senam aerobik karena pada satu kali dalam satu minggu akan ada instruktur senam yang akan memandu dalam melakukan gerakan senam di taman ini. Ada salah satu yang menarik juga dari taman ini mana kala ada beberapa kelompok orang yang sengaja berlatih alat musik di dalam taman ini, terlihat alat musik klasik yang sering dimainkan oleh mereka, biasanya sih dapat ditemui pada minggu pagi.

Kalau di pagi hari berbagai macam kegiatan atau aktifitas dilakukan di tempat ini pada malam hari taman ini menjadi salah satu tempat tujuan untuk hang out bagi remaja di kota Jakarta. Di dalam Taman Suropati ada beberapa kolam air mancur yang biasanya hanya dinyalakan pada malam hari, serta beberapa patung dan tugu mirip logo ASEAN yang berada di tengah-tengah taman. Kawasan Menteng Jakarta pusat ini memang memiliki banyak sekali tempat-tempat unik serta bersejarah tinggi contohnya saja lokasi Taman Suropati yang diapit patung Pangeran Diponegoro yang sedang mengendarai kuda putihnya yang terletak di depan taman, letak patung ini bila diperhatikan dari depan dan sampai di penghujung jalan Diponegoro berada tepat ditengah-tengah jalan besar tersebut.

Sedangkan di bagian utara terdapat dua bangunan gereja Santo Paulus dan Masjid Agung Sunda Kelapa. Jadi kalau bepergian ke lokasi ini dapat juga sekedar melihat atau mampir karena semua adalah bangunan atau tempat yang bersejarah juga. Memang keberadaan taman seperti Taman Suropati ini sangat penting adanya sebagai salah satu taman kota, yang dibutuhkan guna untuk meningkatkan kualitas lingkungan kota Jakarta. Keberadaan taman dapat menjadi tempat berinteraksi warga kota dan keberadaan pohon dapat memperbaiki kualitas udara yang semakin hari semakin tercemar. Semoga suatu saat nanti, pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah kota Jakarta lebih banyak mengalokasikan dana dan peran serta aktif dalam pembangunan kota yang lebih hijau dan bersih dari udara yang mengandung polutan.(Roy)



06 September 2011 - 09:03:48 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 2102

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pesona Wisata Alam Cidahu Pesona Wisata Alam Cidahu
Kamis, 26 September 2013
Museum Seni Rupa dan Keramik Museum Seni Rupa dan Keramik
Jumat, 12 Agustus 2011

SHARE