Register Login

Gedung Metropole

Dulu sih namanya Metropole namun banyak generasi muda yang menyebutnya Gedung Bioskop Megaria, letaknya di jalan Pegangsaan, Cikini, Jakarta Pusat. Fungsinya masih sama seperti masa lalu yakni diperuntukkan sebagai gedung pertunjukan pemutaran film. Bioskop Metropole adalah sebuah gedung bioskop bersejarah yang dibangun pada tahun 1932dengan nama Bioscoop Metropool, sesuai dengan ejaan bahasa Belanda pada waktu itu.

Gedung ini merupakan gedung bioskop tertua dan yang masih aktif di Jakarta sampai sekarang ini, dengan kapasitas 1.700 tempat duduk dengan enam studio terdapat dua bangunan tambahan di belakang bangunan utama yang masih terlihat klasik walapun telah mengalami beberapa tahapan renovasi oleh pengelola, maklum saja bangunan bioskop ini merupakan cagar budaya berupa bangunan yang dilindungi oleh pemerintah dan tidak boleh dengan alasan apapun untuk di bongkar. Sekitar akhir 1980 bangunan bioskop ini disewakan pengelola kepada swasta yakni 21 Cineplex, dan dikembangakan hingga sekarang ini dengan nama yang telah dipatenkan menjadi Bioskop Megaria.

Renovasi terakhir terjadi di tahun 2007 yang dilakukan oleh pengelola dan diubah namanya kembali menjadi Metropole XXI yang terlihat lebih modern dengan tambahan tata ruang disekitar sudut bioskop yang terdapat café untuk santai menunggu jam film diputar. Di dalam lokasi megaria terdapat beberapa toko maupun restoran dan swalayan, kalau dulu ada Hero Swalayan yang terakhir berubah menjadi Giant Swalayan, dan beberapa waktu terakhir ketika mengunjungi tempat ini lagi bangunan swalayan tersebut telah berubah menjadi bangunan kosong yang tak jelas peruntukannya untuk apa. Dan satu lagi yang cukup terkenal yakni restoran ayam bakar Solo yang terkenal dari megaria ini.

Pembangunan serta penambahan fasilitas yang dilakukan pengelola jelas membuat para pengunjung manjadi lebih nyaman tentunya, contohnya saja tempat parkir yang telah diatur dengan baik lokasi kendaraan roda dua dan empat dan dikelola oleh pihak yang berkompeten untuk jasa parkir sehingga pengunjung tak takut lagi memarkirkan kendaraannya di lokasi bioskop ini. Bangunan dalam juga semakin baik saja dengan ditambahkan karpet diseluruh area Indoor bioskop jadi semakin nyaman kan.(Roy)



14 September 2011 - 11:14:35 WIB

Dibaca : 2446

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Situs Candra Naya Situs Candra Naya
Kamis, 08 Maret 2012
Patung Dirgantara Patung Dirgantara
Selasa, 08 November 2011
Bursa Tanaman Hias Senayan Bursa Tanaman Hias Senayan
Rabu, 30 Maret 2016

SHARE