Register Login

Pasar Glodok Pancoran

Wah menyambangi tempat ini sekali lagi mengingatkan beberapa tahun lalu sewaktu liputan mengenai perayaan Imlek di daerah Glodok, memang hampir seluruh perayaan Imlek terfokus di tempat yang satu ini. Jadi tidak usah kaget bila di tempat ini banyak di jumpai pernak-pernik tahun baru dalam tradisi Tionghoa.

Letaknya persisdi belakang Pasar Glodok kurang lebih 20 meter ke arah belakang sampai hampir menuju Pasar Asemka. Tidak ada plang yang menyebutkan nama pasar ini cuma orang-orang sekitar menyebutnya dengan Pasar Glodok Pancoran. Kalau boleh dibilang tempat ini salah satu jenis pasar yang cukup unik di Jakarta karena di dalamnya tidak hanya sekedar menjual aneka kebutuhan sehari-hari dari mulai makanan tapi mulai dari buku-buku khusus bertuliskan bahasa Cina bahkan sampai koran terbitan khusus berbahasa Cina sampai pengobatan dan obat-obatan herbal ada di sini.

 Tapi yang menjadi pusat perhatian saya tentunya adalah camilan jenis permen dan aneka manisan, rata-rata sih manisan buah kering yang jajakan di sini antara lain kana, buah plum, kulit jeruk yang di keringkan, buah pala dan masih banyak lagi jenis manisan lainnya. Tidak hanya manisan tetapi juga aneka kue kering yang di jual perkilo serta permen jadul, geliat pasar ini akan semakin terasa apabila mendekati perayan Imlek dan Natal, nuansa Imleknya kental sekali dengan dominan warna merah dan emas yang serasa menutupi warna lain di tempat ini.

Saat mendekati Imlek Pancoran akan kebanjiran kue bulan serta moci yang menjadi makanan tradisi pada perayaan tersebut, soalnya bagi warga Tionghoa kue bulan adalah penganan yang wajib ada saat Imlek. Sementara untuk permen sebenarnya bukan jenis permen seperti yang di jual pada banyak tempat, rata-rata permen serta jenis manisan yang di jual di Pasar Pancoran ini di impor dari Cina langsung, kalau tidak percaya buktikan sendiri deh. Selain menjual aneka makanan di tempat ini kita juga akan menemukan banyak toko-toko pengobatan Cina yang lengkap dengan Sinshe nya, karena itu aromanya dalam radius beberapa meter di daerah ini sangat tercium sekali wangi rempah-rempah khas pengobatan herbal dari Cina. Memang bila diamati tempat ini layak menjadi kawasan Pecinan di wilayah Jakarta barat.(Roy, gedoor.com)




06 September 2011 - 09:53:28 WIB
Foto : Roy / Gedoor.com
Dibaca : 8123

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Sentra Buku Bekas Thamrin City Sentra Buku Bekas Thamrin City
Rabu, 07 Maret 2012
Bursa Buku Murah Blok M Bursa Buku Murah Blok M
Rabu, 07 Maret 2012
Pasar Hewan Langka Jatinegara Pasar Hewan Langka Jatinegara
Rabu, 07 September 2011

SHARE