Register Login

Cipadu Sentra Tekstil Cileduk

Kain, pakaian jadi, perlengkapan busana, bila mendengar kalimat itu pasti kita akan merujuk ke sebuah tempat yakni Tanah Abang atau Pasar Pagi Mangga Dua yang berada di kawasan Kota Jakarta Barat.

Sebenarnya di Jakarta ini banyak juga tempat-tempat yang menjual barang sejenis yakni bahan pakaian, namun pamor yang kuat dari dua daerah di atas telah mendominasi tempat tujuan utama bila ingin membeli keperluan busana dari bahan tekstil dan lain-lain. Nah sekarang saya akan mencoba merekomendasi sebuah tempat baru yang bagikebanyakan orang mungkin belum akrab dengan tempat berbelanja busana dan tekstil, di kawasan Cileduk ada sebuah daerah yang bernama Cipadu, nama jalan ini adalah sebuah daerah pusat penjualan tekstil dan garment serta pakaian jadi yang bersifat grosiran di Tangerang.

Tempat ini layaknya Tanah Abang bagi yang bermukim di daerah tersebut, karena jujur saja kenapa harus jauh-jauh ke Pasar Mangga Dua atau Tanah Abang bila di sini ada tempat yang hampir serupa meskipun tidak semegah dan sebesar tempat berbelanja tersebut, tapi kan bisa menghemat ongkos dan tenaga untuk bermacet-macet ria kan tahu sendiri Jakarta ini kota yang padatnya lalu lintasnya minta ampun, karena barang-barangnya dijual di sini juga hampir sama jenisnya. Pasar Cipadu ini banyak yang menyebutnya sebagai pasar sperai dan banyak juga yang menjulukinya sebagai pasar tekstil.

Memasuki daerah ini kita akan menemukan pemandangan yang unik, dipikiran saya seperti umumnya tempat perdagangan yang terpusat di satu tempat, tetapi hal yang lain lagi terjadi di tempat ini pusat perdagangannya ada di bagian ujung jalan dan ketika masuk jadi ketika memasuki Jl. Cipadu kita sudah disuguhkan dengan kios-kios yang menjual barang-barang tekstil yang banyaknya tidak terhitung yang akan menemani kita masuk ke daerah yang menjadi pusat kegiatan perniagaan Cipadu.

Tempatnya terlihat seperti pasar modern, tokonya di kapling-kapling berdasarkan blok. Untuk ukuran pasar sih tempatnya cukup nyaman parkirannya cukup luas dan relatif aman, di hari biasa saja pengunjungnya sudah cukup padat apalagi di hari libur wah ramai banget deh, nah puncaknya terjadi mungkin satu bulan ke depan yakni mendekati hari raya Idul Fitri pengunjung akan membeludak mondar-mandir mencari kebutuhan pakaian untuk manyambut hari raya.

Untuk mencari tahu apa sih kelebihan tempat ini dibandingkan dengan tempat lain sejenisnya, saya mencoba mendekati seorang ibu dengan dua anak gadisnya yang terlihat keluar dari sebuah mobil untuk sekedar mencari tahu apa yang hendak di carinya dari tempat ini, tenyata sambutan yang di berikan seorang ibu tersebut cukup baik kepada saya untuk mengikutinya berbelanja.

Menurut ibu Rosiana di Cipadu ini lebih murah lho dari pada di Tanah Abang contohnya sperai yang baru saja dibelinya dengan bahan dasarnya disebut bahan panca, di sini bisa lebih murah kira-kira Rp 20.000 an. Memang di pasar ini kita dapat menemukan dengan mudah barang-barang seperti aneka bahan yang umumnya import, perlengkapan tidur seperti sprei, bed cover, sarung bantal, kalau pakaian jadi juga banyak di sini, antara lain aneka kebaya, pakaian anak-anak, baju batik, daster.

Ada pemandangan yang menarik dari pasar ini adalah metode yang digunakan untuk jual belinya yang tidak umum di tempat yang menjual kebutuhan busana, biasanya barang dagangan di jual satuan atau borongan, lusinan, tetapi di sini ada barang yang di jual secara kiloan, unik kan. Barang yang di jual secara kiloan adalah bahan-bahan seperti katun, polyester yang di bungkus plastik, pantas saja semenjak tadi saya sering melihat tumpukan-tumpukan plastik besar berisi kain-kain di dalam kios pedagang ternyata untuk di jual perkilo.

Selain di jual dengan cara kiloan, di sini ada juga sistem jual meteran maupun lusinan dan harga juga tergantung kesepakatan bersama yakni dengan cara tradisional tawar menawar. Biasanya bahan kiloan tersebut dipakai untuk kantong saku celana, makanya bukan hanya pembeli yang membeli untuk digunakan secara pribadi melainkan pedagang, atau tukang jahit banyak juga yang berbelanja di sini. Selain membeli bahan tekstil mereka juga banyak yang membeli benangnya di sini karena cukup banyak terlihat pedagang yang menawarkan benang dengan jenis serta ukuran dan macam-macam warna. (Roy)



24 Agustus 2011 - 11:07:12 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 4435
  • JL. KH. Wahid Hasyim, Cipadu Jaya, Larangan, Cileduk Mulai dari Pasar Kreo-Pondok Aren
  • Setiap Hari 07:00-18:00 WIB
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Buku Bekas Ala Pasar Jatinegara Buku Bekas Ala Pasar Jatinegara
Jumat, 01 Februari 2013
Bursa Pakaian Bekas Poncol Senen Bursa Pakaian Bekas Poncol Senen
Rabu, 07 September 2011
Pasar Lokomotip Pasar Lokomotip
Rabu, 01 Februari 2012

SHARE