Register Login

Museum POLRI

Museum ini masih tergolong baru, berdiri pada 2009. Namanya Museum Polri. Museum ini dibangun sebagai bukti dedikasi Polri terhadap negara Indonesia. Sekilas mendengar nama museum ini, pastinya kita akan mempertanyakan, buat apa ada Museum Polri? Fungsinya apa? Tapi, ternyatamuseum ini sangat berguna sekali lho, khususnya untuk mengetahui sejarah perjalanan Polri.

Perjalanan Polri dengan negara ini erat kaitannya. Museum ini menyajikan keunikan pengalaman sejarah masing-masing wilayah Kepolisian Negara Republik Indonesia lengkap dengan simbol-simbol kelembagaan, monumen, dan situ-situs sejarah, serta cerita mengenai tokoh penting dari kepolisian tersebut. Gedung museum tersebut terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama terdiri dari lobi, ruang koleksi dan peristiwa, ruang sejarah dan hall of fame atau kisah sejarah para mantan Kepala Polri (Kapolri). Lantai kedua, ruang kesatuan, ruang permainan anak-anak (kid's corner), ruang kepahlawanan, dan ruang penegakan hukum. Lantai ketiga, ruang perpustakaan, ruang pameran temporer, dan ruang audio visual.

Ada yang unik dari museum ini, mau tahu? Uniknya, museum ini memajang nama-nama anggota Polri dari tahun 1960an hingga sekarang yang gugur dalam menjalankan tugasnya. Mereka tidak terkenal sebagai pahlawan tapi pengorbanan mereka tetap harus dihormati. Jika anda ingin kemari, langsung saja ke Jalan Trunojoyo No.3, Kebayoran Baru. Museumnya berada di jalur strategis, pertigaan antara arah mau ke Blok M dan Sudirman. Di sini, jika anda datang rombongan maka akan disediakan fasilitas ruang teater. Ruangan itu disediakan untuk menonton film-film dokumenter tentang perjuangan Polri.

Selain itu, jika anda datang bersama putra dan putri, janganlah khawatir karena Museum Polri juga menyediakan fasilitas ruang anak-anak (kid’s corner). Ruangan yang didesain dengan ceria tersebut menyediakan seragam polisi untuk dipakai oleh anak-anak. Tahun ini, Museum Polri akan berusia yang kedua. Semoga dengan bertambahnya usia, membuat museum ini tambah dikenal oleh masyarakat. Bagi anda, yang ingin berkunjung, ayo cepetan datang ke sini. (Agnes)



04 Juli 2011 - 16:45:45 WIB

Dibaca : 1545

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Joang 45 Museum Joang 45
Selasa, 09 Agustus 2011
Cagar Budaya Rumah Si Pitung Cagar Budaya Rumah Si Pitung
Kamis, 05 Juli 2012
Lukisan Jean Pieterszoon Coen Lukisan Jean Pieterszoon Coen
Jumat, 22 Februari 2013

SHARE