Register Login

Planetarium Jakarta

Masih ingatkah anda dengan tempat yang satu ini, Planetarium namanya. Mengingat tempat ini membawa kita melintasi waktu kembali beberapa tahun ke belakang sewaktu kecil mengunjunginnya, sungguh membangkitkan kembali sebuah memori ketika mengunjunginya kembali. Planetarium masuk ke dalam kawasan Taman Ismail Marzuki atau yang kita biasa kenal dengan sebutan TIM, di tempat ini kita dapat menemukanjenis rekreasi yang berbeda dari jenis rekreasi di tempat lain.

Di Planetarium kita bukan hanya berekreasi tetapi kita dapat juga menambah wawasan tentang Ilmu Bumi dan Antariksa melalui pertunjukan-pertunjukannya. Jadwal pertunjukan Theater Bintang yang menjadi andalan dari tempat ini dibuka untuk umum Selasa sampai Jumat pada pukul 16:30 Wib, sementara Sabtu, Minggu, dan pada hari libur Nasional pertunjukan dibuka pada jam 10:00, 11:30, 13:00, dan 14:30 Wib dengan harga tanda masuk Rp 7.000 bagi orang dewasa dan Rp 3.500 bagi anak-anak.

Selain Sabtu dan hari Minggu pengunjung bisa dikatakan tidak terlalu ramai kira-kira kurang lebih 100 orang. Pertunjukkan Theater Bintang merupakan pertunjukkan tiga dimensi yang mengenalkan bagi pengunjung tentang Sistem Perbintangan, Rasi Bintang, dan juga menampilkan planet-planet di tata surya beserta penjelasan-penjelasannya yang dibawakan oleh seorang pembawa acara yang berada di bagian belakang dengan ruangan khusus secara narasi kepada pengunjung, serta yang tidak kalah serunya adalah penjelajahan luar angkasa yang membuat pengunjung serasa berada di dalam pesawat Antariksa yang sedang di luncurkan dari bumi menuju Antariksa.

Tempat pertunjukan berdesain studio mirip seperti bioskop dengan kapasitas tempat duduk 320 orang, Nampak disana sebuah kubah besar di atasnya berlapiskan kain putih sebagai sarana menampilkan layar tiga dimensi, dengan sebuah alat ditengah-tengah ruangan yang berfungsi sebagai operator otomatis, durasi atau lama pertunjukan Theater Bintang ini kurang lebih sekitar 1 jam.

Di Planetarium juga menawarkan kepada pengunjung yang ingin melakukan peneropongan benda langit yang diadakan hari Selasa sampai dengan Jumat pada pukul 18:30 Wib sampai dengan pukul 19:30 Wib yang bertempat Planetarium Jakarta. Akan tetapi apabila keadaan langit sedang mendung atau hujan kegiatan peneropongan akan di batalkan, kegiatan peneropongan ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya dengan kata lain gratis. Sebenarnya ada satu lagi jenis pertunjukkan yang diadakan di Planetarium yang bernama Slide Show, akan tetapi sudah tidak diadakan karena kurang peminatnya.



26 Mei 2011 - 15:52:26 WIB

Dibaca : 2374

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Aeromovel Aeromovel
Senin, 05 Desember 2011
Cagar Budaya Rumah Si Pitung Cagar Budaya Rumah Si Pitung
Kamis, 05 Juli 2012
Masjid Al Anshor Masjid Al Anshor
Kamis, 02 Februari 2012
TMII Keong Emas TMII Keong Emas
Selasa, 24 Mei 2011

SHARE