Register Login
  1. Holi Hai Festival 2014

    Holi Hai Festival 2014 Holi Hai Festival 2014
  2. Holi Hai Festival 2014

    Holi Hai Festival 2014 Holi Hai Festival 2014
  3. Holi Hai Festival 2014

    Holi Hai Festival 2014 Holi Hai Festival 2014
  4. Holi Hai Festival 2014

    Holi Hai Festival 2014 Holi Hai Festival 2014

Holi Hai Festival 2014, Adaptasi Dari Budaya India

Holi Hai Festival kembali digelar di Jakarta pada 23 Maret 2014 kemarin bertempat di Gambir Expo arena Pekan Raya Jakarta. Event ni adalah penyelenggaraannya yangke-5 sejak digelar untuk pertama kalinya pada tahun 2010 lalu. Festival ini diadaptasi dari budaya India dalam menyambut awal musim semi. Di India sendiri, Holi adalah salah satu perayaan tertua bagi penganut Hindu. Beberapa negara penganut Hindu seperti Nepal juga turut merayakan Holi, begitu pula dengan penganut Hindu keturunan India yang ada di Indonesia.

Tradisi ini bermula dari kisah Radhda dan Dewa Krishna. Krishna muda merasa cemburu karena kulitnya terlihat lebih gelap dari Radhda. Krishna memohon pada ibunya, Yashoda untuk mewarnai kulit Radhda, saudaranya itu. Kisah inilah yang diyakini menjadi awal dari perayaan Holi terebut. Di masa kini, Holi dirayakan dengan menaburkan bubuk berwarna-warni serta percikan air ke setiap peserta perayaan. Umumnya dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, biru, hijau dan jingga. Begitu pun seperti yang dilakukan oleh ribuan peserta Holi Hai di Jakarta. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai dengan orang tua turut berbagi ceria dalam perayaan Holi ini.  

Tahun ini, perayaan Holi Hai yang mengangkat tema ‘A Cultural Family Day Festival’, perayaan Holi ini tidak hanya dimeriahkan oleh taburan bubuk aneka warna saja. Ferry, selaku panitia mengatakan pihaknya telah menyediakan beragam fasilitas lainnya seperti, rain dance, flying fox, boat rides, fire truck fun, food galore, serta royal rumble water ballon fight. Menurutnya, digelarnya acara ini diharapkan akan bisa menjadi agenda wisata Indonesia khususnya Jakarta. (Eddy P/gedoor)



24 Maret 2014 - 12:10:41 WIB
Foto : Eddy P/gedoor
Dibaca : 1846

SHARE