Register Login

Sang Kiai

Sang Kiai Film ini mengisahkan pada saat penjajahan Jepang pada tahun 1942. Di Jawa Timur, beberapa kiai dari beberapapesantren ditangkap karena melakukan perlawanan, salah satunya adalah KH Hasyim Asy’ari pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng yang ditangkap karena melawan Jepang. Penangkapan ini membuat situasi pesantren menjadi kacau balau.

Kepala Kempetei tidak bersedia membebaskan KH. Hasyim Asy’ari, bahkan beliau dipindah hingga tiga kali mulai dari penjara Jombang, Mojokerto, sampai penjara Bubutan, Surabaya. Saat Jepang megalami kekalahan perang, Presiden Soekarno menghadap KH Hasyim Asy’ari untuk membahas tentang membela tanah air. Dan terjadilah jihad di Surabaya, para santri bersiap untuk berjihad. Peristiwa tewasnya Mallaby ini adalah titik awal perang 10 November 1945 yang melibatkan rakyat, berbagai barisan pemuda serta laskar Hizbullah bentukan KH Hasyim Asy’ari yang terdiri dari para santri.

Genre                                   : Drama, Sejarah
Tanggal Release               : 30 Mei 2013
Sutradara                             : Rako Prijanto
Pemain                             : Ikranagara, Adipati Dolken, Agus Kuncoro Adi, Dayat Simbaia, Christine Hakim, Boy Permana



10 Mei 2013 - 13:38:49 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 1906

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

The Revenant The Revenant
Senin, 14 Desember 2015
3 Nafas Likas 3 Nafas Likas
Rabu, 06 Agustus 2014
Texas Chainsaw 3D Texas Chainsaw 3D
Kamis, 10 Januari 2013
Oz: The Great And Powerful Oz: The Great And Powerful
Rabu, 20 Maret 2013

SHARE