Register Login

Menuju Puncak Gunung Gede

MENUJU PUNCAK GUNUNG GEDE Ada tiga jalur resmi yang diijinkan oleh Kantor Balai Besar Taman Nasional Gungung Gede Pangrango untuk menuju puncak Gunung Gede (2.958 mdpl). Jalur utama dan paling diminati oleh pandaki adalah jalur Cibodas. Jalur ini cenderung landai dan sebagaian sudah berbentuk tangga-tangga batu. Yang kedua adalah jalur dari Gunung Putri. Dan ketiga adalah jalur Selabintana, Sukabumi. JALUR CIBODAS Cibodas – Telaga Biru Untuk mencapaiCibodas dapat ditempuh dengan mobil Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km). Cibodas adalah titik awal pendakian (1.450 mdpl). Setelah berjalan dua puluh menit atau kira-kira 1,5 km, pendaki akan bertemu sebuah danau hijau kebiruan akibat refleksi biru langit dan ganggang hijau. Danau ini diberi nama Telaga Biru (1.575 mdpl) dan kelilingi oleh semak-semak. Telaga Biru – Pertigaan Air Terjun Cibeureum Setelah perjalanan 45 menit dengan jarak tempuh 1,3 km pendaki akan tiba di pertigaan Cibeureum yang berada diketinggian 1.625 mdpl. Di tahap ini pendaki akan meniti jembatan kayu sejauh sekitar 400 m yang melintasi Rawa Gayonggong. Di pertigaan ini pendaki bisa lanjut menuju puncak atau mampir ke Air Terjun Cibeureum yang indah. Pertigaan Air Terjun Cibeureum – Air Panas Dari pertigaan Cibeureum pendakian dilanjutkan menuju sungai air panas yang akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 2,5 km. Air Panas – Kandang Batu Di sini terdapat aliran sungai air panas dengan temperatur berkisar 70 -75 derajat celcius. Namun temperatur tersebut akan turun jika hari hujan. Setelah berjalan selama 45 menit, pendaki akan tiba di Kandang Batu. Kandang Batu – Kandang Badak Kandang Batu berada di ketinggian 2.220 mdpl. Di sini banyak terdapat material batu dari letusan Gunung Gede. Jalur mulai menanjak, dan untuk sampai di Kandang Badak diperlukan waktu 1-2 jam pendakian dengan panjang lintasan 2,2 km. Kandang Badak – Puncak Gunung Gede Pos Kandang Badak terletak di ketinggian 2.393 mdpl. Beberapa meter setelah Kandang Badak terdapat sebuah persimpangan. Arah kiri menuju Puncak Gede, sedangkan yang ke kanan menuju Puncak Pangrango. Di tahap ini pendaki akan menemui sebuah tanjakan yang cukup terjal dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat yang diberi nama Tanjakan Setan. Jarak dari Kandang Badak menuju puncak sekitar 2,1 km yang ditempuh dalam waktu 2-3 jam. JALUR GUNUNG PUTRI JALUR SELABINTANA Jalur Selabintana bisa ditempuh dari Sukabumi dengan naik mobil angkot ke arah Selabintana (960 mdpl). Di sana terdapat pos pemeriksaan. Dari Pos Pemeriksaan pendaki menyusuri jalur tepi sungai yang jernih serta jalan berbatu yang ditata rapi menyusuri punggungan gunung. Setelah berjalan sekitar 1 jam pendaki akan berjumpa dengan menara pengamatan burung. Pos Citingar (1.000 mdpl) - Pos Citingar Barat (1.175 mdpl). Ditempuh sekitar 2-3 jam pendakian. Pos Cigeber (1.300 mdpl) - Pos Cileutik (1.500 mdpl) Jalur agak terang, karena lintasan mulai jarang ditumbuhi pohon-pohon tinggi. Jalur mulai berbatu dan melewati pinggiran jurang yang banyak ditumbuhi rumput-rumput yang agak tinggi. Setelah melanjutkan sekitar 2 jam pendakian, sampailah di Pos yang banyak dikelilingi pohon-pohon yang memiliki bentuk yang aneh, sehingga bisa menimbulkan fantasi yang bermacam-macam. Sekitar 3 jam pendakian, akan sampai di Pos yang bisa digunakan untuk duduk beristirahat sekitar 8 orang. Jalur semakin terjal, namun pendaki bisa berpegangan pada akar-akar. Selanjutnya pendaki akan melewati jalur yang banyak ditumbuhi rumput-rumput yang sangat tinggi. Pendaki akan sampai di sebuah pertigaan. Arah kanan menuju puncak Gunung Gumuruh, arah kiri menuju Alun-alun Suryakencana. Sekitar lima menit dari pertigaan ini sampailah ke Alun-alun Suryakencana dan akan bertemu dengan jalur dari Gunung Putri untuk menuju puncak Gunung Gede. (Eddy Purwanto)