Register Login

Gemblong Ketan

Gemblong Ketan Kue Gemblong Ketan merupakan salah satu kue legendaris yang ada di Jakarta, keberadaan kue ini sudah cukup lama menjadi penganan yang cukup digemari masyarakat. Gemblong terbuat dariadonan tepung beras ketan yang digoreng berbentuk bulat dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula.

Namun generasi sekarang mungkin belum begitu akrab dengan Kue gemblong dan mungkin tidak semua orang mengenal yang namanya kue gemblong ini. Ya wajar saja karena memang kue gemblong biasanya hanya dapat ditemui di warung-warung kecil di pelosok kampung. Gemblong bisa disebut sebagai makanan tradisional Indonesia, namun berasal dari daerah mana masih bisa diperdebatkan kebenarannya.

Ada yang mengatakan dari Betawi, ada juga yang mengatakan dari wilayah Jawa Barat. Kue Gemblong terbuat dari beras ketan, kemudian dicampur dengan kelapa dan sedikit garam, setelah itu dilumuri dengan gula merah atau gula Jawa. Rasanya pertama kali memakannya pastinya manis lalu akan muncul unsur rasa gurih dari campuran ketan dan kelapa yang empuk. Kue Gemblong ini mulai terpinggirkan, dahulunya kue ini banyak kita temui di warung-warung atau tukang yang berkeliling menjajakannya.

Kue ini banyak dikonsumsi sebagai sarapan pagi maupun sore hari sebagai teman minum kopi. Banyak juga kita temui apabila Ramadhan tiba, karena kue ini juga identik sebagai makanan ringan (takjil) pembuka puasa. Harga kue Gemblong ini cukup murah yakni Rp 1000 saja anda sudah bisa menikmati kue yang legendaris ini sekaligus bernostalgia mengingat masa kecil atau remaja dahulu. (Roy)



13 Juli 2012 - 12:31:08 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 6082
  • Rekomendasi Tempat Kue Gemblong di Jajakan : Pasar Baroe, Jakarta Pusat/Bursa Kue Subuh, Pasar Senen, Jakarta Pusat.
  • Maps

SHARE