Register Login
  1. Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah

    Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah
  2. Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah

    Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah
  3. Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah

    Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah
  4. Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah

    Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah

Pusat Tanaman Hias Halim Perdana Kusumah

Tanaman memang hampir selalu ada di mana-mana. Entah di jalan, rumah, bahkan gedung bertingkat sekaipun juga dihiasi tanaman. Dengan menanam, halaman terasa lebih asri dan sejuk. Selain itu, kumpulan tanaman juga bisa menyejukkan mata dan menjadi pemandangan yang indah dilihat. Bagi Anda penggemar tanaman dan senang mengoleksi serta merawatnya di rumah, sempatkanlah waktu untuk datang ke tempat ini.

Tepatnya di Jalan Pondok GedeRaya- Dirgantara 1 Kavling Auri Jakarta Timur, terdapat pusat penjualan tanaman hias. Lokasinya persis di depan Komplek Dirgantara Halim Perdana Kusuma. Di sepanjang jalan ini, Anda akan menemukan berbagai jenis tanaman hias yang berjejer rapi dengan berbagai macam ukuran. Pusat penjualan tanaman hias ini didirikan mulai tahun 1980-an. Setiap hari para pedagang berjualan mulai pukul 08.00-17.30 WIB. Disini kurang lebih terdapat 100 pedagang yang membangun lokasi usahanya. Kios-kios disini disewa per tahun oleh pedagang berdasarkan luas tanahnya. Maka dari itu, ada kios yang berukuran besar namun juga ada yang kecil.

Tapi jika dilihat dari keseluruhan, tanaman hias yang dijual di masing-masing kios relatif sama. Berbagai jenis tanaman hias dijual lengkap mulai dari bunga Asoka, Mawar, Bambu Air, Bunga Kantung, Jasmine, Pakis dan lain-lain. Tak hanya bunga yang sudah bermekaran saja yang dijual, pengunjung juga bisa membeli bibit tanaman serta bunga yang baru tumbuh yang sudah tertanam di dalam pot. Selain itu dijual juga pupuk, pot, hingga rumput. Harganya pun relatif tarjangkau. Bunga mawar per polybag-nya (per pot) seharga Rp. 25.000. Dan untuk rumput, dijual Rp. 10.000 per meternya.

Yang paling mahal adalah jenis tanaman Antharium mencapai Rp. 1.000.000. Pedagang memperoleh berbagai tanaman hias disini langsung dari wilayah Bogor dan Bandung. Biasanya satu minggu sekali mereka memasok tanaman-tanamannya. Yang paling laris adalah bunga mawar dan rumput basah. Untuk omzet sendiri tidak bisa ditentukan. "Tidak tentu, kadang ramai kadang sepi. Per harinya bisa Rp. 300.000 - Rp. 1.000.000," ujar Hasan, salah seorang pedagang yang telah membuka usaha disini sejak tahun 1990. Biasanya, momen yang paling ramai adalah menjelang hari raya seperti Natal karena banyak pelanggan yang memesan pohon Cemara.

Selain itu juga menjelang Lebaran karena biasanya pengunjung membeli tanaman hias untuk menata rapi halaman rumah mereka. Pusat tanaman hias disini sudah dikenal dimana-mana. Pengunjung biasanya datang dari kalangan ibu-ibu yang hobi mengoleksi tanaman hias atau kaum pelajar yang membeli untuk kebutuhan praktek sekolah. Harga jual dari masing-masing toko pun hampir sama. Pembeli juga masih bisa menawarnya langsung. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi di hari Sabtu dan Minggu. (Arie)



14 Februari 2012 - 16:20:24 WIB
Foto : Arie / GeDoor.com
Dibaca : 12278
  • Jl. Pondok Gede Raya Dirgantara 1 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Lapak Duren Pasar Minggu Lapak Duren Pasar Minggu
Rabu, 29 Februari 2012
Geliat Sentra Perkakas Dapur Cawang Geliat Sentra Perkakas Dapur Cawang
Kamis, 16 Oktober 2014
Mau Belanja Murah, Ke Taman Puring Saja Mau Belanja Murah, Ke Taman Puring Saja
Rabu, 17 September 2014

SHARE