Register Login

Cublak-Cublak Suweng

Pernah dengar lagu dolanan anak-anak tersebut? Ini bukan sekedar lagu, tetapi memiliki ragam permainan. Di Amerika Serikat sendiri, sebagian warganya mengenallagu dengan permainannya berjudul "Truth Or Dare". Orang Jawa sendiri dengan lagu Cublak-Cublak Suweng. Permainannya justru lebih banyak. Ada tahap mengejek-ejek, sehingga lebih ramai.

Caranya, bisa dilakukan minimal 5 orang. Pertama hompimpa dan ping sut untuk menentukan siapa yang menang dan kalah. Bagi yang kalah, harus duduk menungging, kemudian tangan teman-teman yang menang diletakkan pada punggungnya sembari menyanyikan lagu: cublak-cublak suweng, suwenge teng gelenter, mambu ketundhun guter, pak empo lera-lere, sopo ngguyu ndhelikake, Lagu tersebut dinyanyikan bersama dengan menggilirkan satu kerikil ke telapak teman-teman yang bermain.

Setelah 1 putaran dan bait lagu di atas selesai barulah kerikil berhenti dan disembunyikan pada salah satu tangan mereka. Pemain yang duduk menungging disuruh menebak, siapa yang membawa kerikil. Sembari menunggu jawaban, mereka tetap menyanyikan lanjutan lagu tersebut, yaitu: sir-sir pong ndhelik kopong, sir-sir pong ndhelik kopong. Awas, menebak jangan sampai salah. Bila tebakan keliru, maka dia harus menjadi penebak lagi. Jika masih salah, bisa-bisa diberi hukuman. Di antaranya berlari, menyanyi, berjoget sesuai keinginan mereka, sambil dikasih suport dan ejekan. (Firman)



09 Januari 2012 - 11:32:03 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 1878

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pameran Flona 2011 Pameran Flona 2011
Senin, 04 Juli 2011

SHARE