Register Login

Bertopeng Ala Musisi

Bukan hanya pahlawan saja yang bisa bertopeng, namun banyak juga band-band dunia yang menggunakan topeng atau bisa dikatakan riasan dengan make up tebal, contohnya saja band legendaris rock Kiss. Banyak alasan penggunaan topeng yang menjadi alasan mereka menciptakan sensasi seperti tersebut.

Kiss Band dengan pioneer Gene Simons, Ace Frehley, Paul Stanley ini memulaiberdandan tebal ini sejak mulai kemunculan awalnya di depan publik sekitar tahun70-an, alasannya tidak pernah jelas dan banyak versi yang berkembang bahwa mereka berusaha menutupi kepribadian aslinya dari khalayak umum. Pemilihanb tema riasan yang sesuai dengan karakter masing-masing personel menjadikan mereka lebih terkenal, contohnya Gene dengan The Devilnya dengan mulut yang mengeluarkan lidah berwarna merah terkesan sehabis meminum darah. Hingga setelah beberapa personel asli keluar dipertengahan tahun 80-an keluar dari band ini yang membuat sisa personel menyudahi perjalanan mereka dengan topeng make up tersebut.

King Diamond King Diamond adalah sebuah band heavy metal yang berasala dari daratan Eropa, Denmark. Dibentuk oleh vokalis Kim Bendix yang menamakan band in King Diamond, sound serta distorsi gitar yang mengarah pada alur kehidupan yang gelap menjadi tema band ini. Banyak lirik yang ditulis berdasarkan kenyataan yang terjadi pada manusia yang macam menjadi gila karena problem psikologis. King Diamond terkenal sudah memakai riasan sebelum di King Diamond yakni band terdahulunya Mercyful Fate. Bahkan dulu sempat ada kabar bahwa Kim ini memiliki kepribadian yang unik yang cenderung gelap, sehingga sering menyendiri di dalam ruangan dengan cahaya penerangan yang sangat kurang, mungkin untuk mencari ilham untuk menulis lirik lagu, maklum cuma gosip.

The MisFits The Misfits adalah sebuah band horror punk yang terbentuk pada tahun 1977 di kota Lodi, New Jersey, yang dibentuk oleh vokalis band itu Glenn Danzig (Glenn Anzalone) dan Jerry Only (Gerald Caiafa). Glenn sangat terobsesi pada Marilyn Monroe, dan mengambil nama band-nya itu dari film terakhir Marilyn Monroe, 'The Misfits'. Lirik-lirik dan gambar-gambar awal band itu memfokuskan pada retro fiksi ilmiah, film horror dan film-film porno. The Misfits terdahulu lagu-lagunya lebih sering terdengar sangat melodius, dengan nyanyian dari Glenn Danzig yang mempunyai suara tenor seperti Mario Lanza dari penyanyi opera Italia. Lagu-lagu awal The Misfits cenderung mudah didengar, reff yang sing-along dan diberi sentuhan dari keyboard Glenn Danzig yang terdistorsi. Lagu Last Caress pada akhir baitnya dinyanyikan dengan lantunan gaya Sinatra. Belum lama ini The Misfits, menyapa penggemarnya di Jakarta pada tahun 2010 yang lalu.

Slipnot Slipknot adalah sebuah band beraliran Nu Metal dari Des Moines, Iowa yang dibentuk pada 1995, Band ini telah beberapa kali mengganti anggotanya dan memiliki anggota tetap sejak 1999 yaitu: Sid Wilson, Joey Jordison, Paul Gray, Chris Fehn, James Root, Craig Jones, Shawn "Clown" Crahan, Mick Thomson, dan Corey Taylor. Sampai sekarang Slipknot Telah Nerilis 4 Buah Album, Band ini juga pernah mendapatkan Grammy Awards untuk kategori Best Metal Performance untuk lagu "Before I forget" pada tahun 2006. Penampilan mereka sangat unik dan atraktif apabila di panggung karena kostum dan topeng serta make up yang mereka pakai, dan rata-rata dengan karakter yang menyeramkan. Misalnya salah satu personel yang memakai topeng karakter film dari Jason seorang pria pembunuh berdarah dingin. (Roy)




14 Desember 2011 - 15:06:48 WIB

Dibaca : 1177

SHARE