Register Login

Bacaan Jadul

Ada masa dimana komik-komik asli Indonesia menemani sebagian besar aktifitas pembaca berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Mengenang masa-masa tersebut akan membawa kita ke dimensi yang berbeda, dimana akan membuat kita sedikit tersenyum. Ada beberapa bacaan di bawah ini yang amat populer ditahun 80-90-an.

Komik Petruk karya Tatang. S Komik jenis humor juga tampil memberi warna pada waktu lampau, di masa itu, ada serial tentang komik  Abunawas, Nasarudin Hoya, yangceritanya adaptasi dari luar. Namun, yang paling populer adalah komik humor dengan tokoh panakawan. Secara karakter, kwartet panakawan Semar, Gareng, Petruk, Bagong (dalam khasanah Sunda dikenal dengan nama Semar, Gareng, Dawala, Cepot).

Komik Petruk adalah salah satu bacaan wajib ketika kecil dulu, banyak cerita yang menyimpan makna mendidik di dalam ceritanya. Komik Petruk ini dijual murah dengan distribusi langsung ke SD-SD lewat penjual mainan. Komik ini dibuat tipis dengan kertas buram dan ceritanya pun sederhana, yang terkadang disesuaikan dengan trend masa itu. Misalnya saja ketika di televisi banyak muncul cerita hantu-hantuan, Tatang banyak membuat cerita Petruk Gareng dengan tema ini, atau cerita superhero seperti Satria Baja Hitam yang diaplikasikan lewat komik Petruk yang bisa berubah wujud menjadi Satria Baja Hitam versi Indonesia.

Majalah Bobo adalah bacaan populer anak-anak Indonesia, yang terbit sejak 14 April 1973. Majalah ini adalah versi lain dari aslinya, yang berasal dari Belanda. Edisi bahasa Indonesianya diterbitkan sekali dalam seminggu, oleh Kelompok Kompas Gramedia. Sementara di Belanda sendiri, majalah Bobo diterbitkan dua minggu sekali oleh penerbit Malmberg. Majalah Bobo memiliki slogan, Teman Bermain dan Belajar, karena bertujuan untuk memberi didikan melalui bacaan yang seru untuk dibaca oleh anak-anak, sambil diajak untuk bermain.

Simbol dari Majalah Bobo, yaitu tokoh seekor kelinci berwarna biru, bernama Bobo, yang selalu mengenakan kaos berwarna merah berhuruf B, dan celana biru. Dari awal terbit, hingga kini, Majalah Bobo masih menampilkan cerita-cerita bergambar, yang sangat digembari oleh anak-anak, seperti Negeri Kelinci, Ceritera Dari Negeri Dongeng, Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang, dan Paman Kikuk, Husin dan Asta.


Pos Kota (Lembergar Doyok Dkk) Doyok adalah nama sebuah tokoh kartun nyeleneh dari sebuah koran harian Pos Kota Lembergar alias lembaran bergambar asal Indonesia yang terbit setiap hari. Tokoh doyok ini memiliki ciri gigi tonggos dan memakai blangkon dan pakaian adat jawa. Dia enerjik, lucu, kritis, dan nyeleneh serta kadang memiliki sindiran dan cukup mengena karena ringan dan membahas masalah yang sedang terjadi di negeri ini setiap harinya.

Biasanya dulu karakter Doyok ditemani oleh karakter lainnya yang meramaikan lembaran akhir media Ibukota ini antara lain Ali Oncom, Otoy, Ucha. Terakhir yang saya ketahui sih masih tetap dipertahankan rubrik yang satu ini di Koran Poskota namun porsi kontennya sudah menjadi menciut setengah lembar saja dan hitam putih, tidak seperti di masa kejayaannya Lembergar bisa mencapai 3-4 lembaran.

Komik Kungfu Boy Berseri Chinmi adalah tokoh utama dari komik Kungfu Boy yang sangat terkenal di jaman saya masih kecil dulu.  Komik-komik jadul memang memiliki banyak kelebihan pesan dan makna yang terkandung dalam isi cerita yang sangat bermanfaat bagi kehidupan khususnya anak-anak. Kalau tidak salah sih Komik karangan Takeshi Maekawa ini berakhir di episode ke 37, komik bersetting di negeri Cina saat masih dikuasai oleh Kaisar, bercerita tentang petualangan Chinmi dalam menuntu ilmu kungfu.

Chinmi sendiri ditakdirkan menjadi ahli kungfu karena mempunyai tanda lahir tahi lalat di atas kening yang akan menghantarkannya berguru di Kuil Dairin yang merupakan salah satu kuil yang selalu menghasilkan jagoan-jagoan kungfu yang diperhitungkan di dunia persilatan Cina. Jurus andalan Chinmi adalah Peremuk Tulang serta jurus dewa Petir. Kedua jurus tersebut sangat mempengaruhi setiap petualangan chinmi dalam menuntut ilmu bela diri. Komik Kungfu Boy selalu menjadi rebutan begitu keluar dari gramedia pada waktu itu sehingga agak sulit mendapatkannya. (Roy)



07 November 2011 - 14:53:50 WIB

Dibaca : 3641

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Jakarta Toys Festival 2015 Jakarta Toys Festival 2015
Kamis, 29 Oktober 2015
Deep And Extreme Indonesia 2015 Deep And Extreme Indonesia 2015
Senin, 04 Mei 2015
Monas (Pameran Foto) Monas (Pameran Foto)
Selasa, 11 Oktober 2011

SHARE