Register Login

Karpet Pasar Gembrong

Tak jauh dari Pasar Gembrong Jatinegara ada sebuah pemandangan unik yakni tempat berkumpulnya pedagang-pedagang karpet permadani yang memajang barang dagangan di pinggir jalan dan bila diukur mungkin deretan lapak para pedagang bisa mencapai ratusan meter.

Memang banyak di Jakarta ini tempat yang menjual aneka karpet, tetapi yang kelasnya kaki lima dan murah ya cuma di Pasar Gembrong ini dan Tanah abang, tempat ini sebenarnya tidak memiliki nama tempat yang pastidan banyak dikenal dengan nama karpet Pasar Gembrong saja oleh masyarakat sekitar. Kalau bicara perbandingan harga di sini bisa lebih sedikit murah dari karpet di Tanah Abang apalagi pedagang di sini harganya dapat di tawar jadi bisa dapat harga yang pas deh.

Karpet yang di jual di sini banyak yang tergolong karpet import lho, jadi secara kualitas ga usah diragukan lagi kan, banyak motif dan warna karpet terlihat dari motif binatang hingga lukisan di pajang dengan cara di gantung dan disusun untuk memudahkan memilih bagi pembeli nantinya. Semakin berkembangnya jaman semakin banyak pula aneka karpet, kalau dulu kan karpet hanya biasa saja dengan motif serta gambar tertentu tapi sekarang ada karpet yang seperti berbahan beludru yang sedang banyak di gemari oleh pembeli.

Banyak barang yang di jual di sini datang dari daerah Pluit karena di sana tempat penimbunan barang sejak datang dari kapal, begitu kata ujang salah satu pedagang karpet Pasar Gembrong. Berbagai macam ukuran karpet dapat ditemui di sini mulai dari yang berbahan biasa saja sampai karpet jenis yang mahal seperti jenis Summer ukuran 205 cm X 155 cm yang ditawarkan Rp 1,4 juta, jenis Anggora buatan Hawaii Rp 1,3 juta, dan karpet Cendol (Jepang) Rp 1,2 juta, karpet buatan Persia ukuran 125 cm X 166 cm  harganya Rp 350 ribu, ukuran 170 cm X 230 cm Rp 625, buatan Belgia ukuran 160 cm X 210 cm Rp 375 ribu, ada juga karpet berukuran standar dengan harga yang cukup terjangkau juga 85 cm X 150 cm Rp 150 ribu dan 160 cm X 125 cm Rp 225 ribu , jangan khawatir semua harga di atas dapat di tawar kok.

Menurut pengakuan pedagang cukup menguntungkan berdagang di tempat ini setidaknya sekitar 5-6 lembar karpet dapat terjual perharinya daripada berdagang secara terpencar-pencar lebih baik kan berkumpul menjadi satu agar menjadi pusat penjualan karpet nantinya, apalagi di saat-saat seperti ini tidak seringnya ada operasi kaki lima oleh Polisi Pamong Praja membuat kita dapat bernafas dengan lega karena bisa berdagang dengan aman tanpa harus di kejar-kejar aparat. Bagi yang ingin berencana untuk membeli karpet Pasar Gembrong ini setidaknya harus mengetahui jenis karpet apa yang akan di pilih dan harga pasaran diluarnya berapa agar tidak tertipu dan akhirnya merugi. (Roy)



06 September 2011 - 11:26:33 WIB

Dibaca : 15796

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Aneka Batu Cincin Di Jalan Batu Tuli Aneka Batu Cincin Di Jalan Batu Tuli
Sabtu, 05 Oktober 2013
Kebaya Kebaya
Jumat, 16 Maret 2012

SHARE