Register Login

Pameran Foto Bung Karno

"Djikalau aku melihat gunung-gunung membisu. Aku melihat wajah Indonesia. Djikalau aku mendengar lautan membanting di pantai bergelora. Aku mendengar suara Indonesia." Itulah bait pertama puisi Bung Karno. Puisi itu pulalah yang menjadi tema dari pameran foto ini, "Aku Melihat Indonesia." Pameran foto ini diadakan oleh YayasanBung Karno sebagai apresiasi dari bulan Juni sebagai bulan untuk memperingatinya.

Patung Bung Karno sedang membaca sebuah teks tampak gagah dari pintu masuk pameran. Secara keseluruhan, ruang pameran ini terdiri dari dua, pertama ruang pameran foto dan ruang film dokumenter Bung Karno. Foto-foto yang dipamerkan pun beruntut, mulai dari kronologis Bung Karno ketika masih kecil, masa remaja, hingga dewasa dan memulai revolusi besar bagi bangsa Indonesia. Ruang pameran fotonya dipisahkan oleh satu ruangan dengan penerangan redup.

Di sana terdapat sebuah patung setengah badan Bung Karno serta catatan kata-kata inspiratifnya. Siapa pun pengunjung yang membacanya, hati anda akan tergugah, terkejut dan merinding ketika memaknai setiap kata yang ditulis oleh Bung Karno. Siapa yang nggak akan tersentuh olek proklamator dan orang nomor satu pada kemerdekaan Indonesia 1945. Ia menulis, "Saja tidak tahu, akan diberi hidup oleh Tuhan sampai umur berapa. Tetapi permohonanku kepadaNja ialah, supaya hidupku itu hidup jang manfaat…" catatan yang ditulis pada 6 Juni 1957 tersebut, ditulis tangan kembali dengan tinta timbul berwarna hitam dan untuk kata-kata khusus diwarnai merah.

Selama hampir dua minggu penyelenggaran acara, pameran Bung Karno ini mampu menyedot perhatian masyarakat Jakarta untuk sekedar mampir sekaligus melihat dokumentasi perjalanan Soekarno Hatta. Tak ada salahnya menghadiri pameran ini, sebagai bentuk apresiasi kita terhadap Proklamator Republik Indonesia. Serta rasa hormat mendalam dan junjungan yang tinggi kepada Bung Karno.

Karena ia telah mengabdikan masa hidupnya bagi perkembangan bangsa Indonesia menuju arah perkembangan yang lebih baik lagi. (Agnes)

Jadwal Pameran : Pameran Foto Bung Karno, 13-25 Juni 2011 di Galeri Cipta II TIM, Jalan Cikini Raya Nomor 73. Cikini. Menteng. Jakarta Pusat. 10330.
Jam Pameran : Pukul 08:00-22:00 Wib



10 Agustus 2011 - 18:02:54 WIB

Dibaca : 2223

SHARE