Register Login
Sentra Kerajinan Rotan Pasar Minggu

Sentra Kerajinan Rotan Pasar Minggu

Salah satu kebutuhan sekunder masyarakat untuk mengisi hunian idaman adalah furniture. Banyaknya varian dari furniture dengan berbagai macam bahan dasar membuat makin banyak pula sentra-sentra yang dibangun untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

 
Salah satunya adalah sentra furniture berbahan dasar rotan yang ada di Jakarta adalah di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sentra yang telah berdiri sejak sekitaran tahun 1968-an ini menyediakan berbagai jenis mebel berbahan dasar rotan, seperti ayunan bayi, pembatas ruangan, alas piring, tempat buah, rak baju, meja, kursi, lampu gantung dan lain sebagainya.
 

Ada sekitaran 19 kios yang dihuni puluhan pedagang ini tampak memenuhi sisi kiri Jalan Raya Kalibata - Pasar Minggu Jakarta. Harganya pun bervariasi, mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Contohnya untuk harga tempat minuman kemasan gelas yang terbuat dari rotan dipatok dengan harga 40 ribu rupiah per unit-nya, ayunan bayi dijual dengan harga 120 ribu rupiah, kuda-kudaan rotan yang diberi harga 70 ribu rupiah perunit-nya atau 1 set bangku meja kursi yang banderol hingga 2 juta-an rupiah.

Namun yang menjadi salah satu kelebihan dari ‘pasar’ ini adalah harga yang ditawarkan penjual masih dapat ditawar lagi oleh pembeli hingga mencapai satu kesepakatan harga.
  Meski sentra kerajinan rotan tersebar beberapa titik di Ibukota, namun Sentra Kerajinan Rotan Pasar Minggu sudah jauh cukup dikenal berbagai kalangan baik dalam negeri maupun luar negeri, mengingat ‘pasar’ yang sekarang ini banyak dihuni oleh para pedagang generasi kedua bahkan ke-tiga dari para perintis keberadaan sentra ini di Jakarta.  

Kebanyakan hasil kerajinan di sentra ini berasal dari sebuah desa di Cirebon meski bahan bakunya banyak didatangkan dari berbagai daerah di Kepulauan Kalimantan. Kios-kios di sentra yang makin hari makin memprihatinkan berkaitan dengan keberadaannya ini.
  Sentra rotan ini memiliki jam operasi mulai pukul 07.00 hingga 18.00 Wib di setiap harinya.

Sentra kerajinan yang sudah cukup melegenda ini memang menjadi salah satu solusi tempat berburu kebutuhan furniture berbahan dasar rotan karena selain lokasinya mudah ditemukan dan harganya sangat dapat dijangkau semua kalangan. (Fakhruddin Abd/geDoor)

  • 15 Januari 2015 - 14:33:11 Wib
  • Dibaca : 12087
  • Foto : geDoor

TOP Artikel Selanjutnya

3. Toples-Toples Cantik Dari Pasar Meester

ARTIKEL LAINNYA

SHARE