Register Login
Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Dalam hubungan yang begitu eratnya dengan pusat kota Jakarta, Bogor merupakan salah satu kota terpenting yang berhubungan langsung dengan Ibukota, contohnya saja berkaitan dengan banjir yang ada di Jakarta. Bogor memiliki peranan cukup penting dan mempengaruhi lihat saja bila ketinggian air di Bendungan Katulampa tinggi tentunya bisa dipastikan bagi warga yang berada di kawasan bantaran kali Ciliwung akan banjir.

Satu lagi yang penting Bogor menjadi faktor penyeimbang suhu udara kota bagi daerah-daerah di sekitarnya, karena dilihat dari letak geografisnya dan wilayah yang masih asri karena banyaknya pohon yang bisa dikatakan umurnya sudah tua-tua juga. Salah satu tempat konservasi tumbuh-tumbuhan di Bogor adalah Kebun Raya Bogor yang merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di tengah Kota Bogor, Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Ide pembuatan taman besar ini bermula dari seorang ahli biologi yaitu Abner yang menulis surat kepada Gubernur Jenderal G.A.G.Ph. Van Der Capellen.

Dalam surat itu ia berkeinginan untuk meminta sebidang tanah yang akan dijadikan kebun tumbuhan yang berguna, tempat pendidikan guru, dan koleksi tumbuhan bagi pengembangan kebun-kebun yang lain. Pada awal 1800 an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, dan tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dan akhirnya pada tahun 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip Van Der Capellen secara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama s'Lands Plantentuinte Buitenzorg. Pendiriannya diawali dengan menancapkan cangkul pertama di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan kebun itu, yang pelaksanaannya dipimpin oleh Reinwardt sendiri, dibantu oleh James Hooper dan W. Kent dari Kebun Botani Kew yang terkenal di Richmond, Inggris.

Kebun Raya Bogor mempunyai keunggulan dari segi daya tarik yakni adalah bunga bangkai atau dengan nama latinnya Amorphophalus Titanium karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2 meter dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia selain bunga ada juga tumbuhan serta Pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang, juga macam-macam koleksi dapat ditemui di sini antara lain koleksi bambu, pandan, kaktus, tanaman air, palem, tanaman buah, tanaman pemanjat, kayu manis, dan tanaman kayu. Dan tak kalah juga ada bangunan serta museum di dalam lokasi antara lain, Museum Zoologi, Museum Biji, Gedung Konservasi, Laboraturium Treub, Kolam Gunting, Makam Belanda, dan tentu saja tempat yang paling favorit adalah Istana Bogor.

Istana ini adalah salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan faunanya. Karena banyak rusa yang berkeliaran di lingkungan Istana, selain itu Presiden juga kadang kala berkantor di istana ini, namun hanya Presiden Soekarno yang paling sering menggunakan tempat ini. Untuk sekedar informasi bahwa Istana Bogor hanya akan dibuka pada saat khusus dan tidak dibuka untuk umum secara regular.(Roy)


  • 28 September 2015 - 13:40:44 Wib
  • Dibaca : 1144

TOP Artikel Selanjutnya

3. Museum Tanah

ARTIKEL LAINNYA

SHARE