Register Login
salah satu buktinya, tidak jarang berbagai kegiatan lomba kicau burung kerap kali di gelar oleh pihak pengelola taman burung TMII.

Tidak hanya sekedar mengoleksi dan memajangnya di sangkar, taman burung TMII hingga saat ini telah berhasil menangkarkan 100 lebih jenis burung. Secara tidak langsung TMII juga telah berhasil membuat kawasan mini konserfasi satwa burung sebagai langkah penyelamatan beberapa spesies burung yang hampir punah dan termasuk beberapa diantaranya yang masih di lindungi hukum.

Beberapa objek wisata di daerah lain seperti Batu Secret Zoo yang juga mempunyai sangkar burung dengan berbagai jenis, tidak memiliki ukuran sebesar kubah yang TMII miliki. Kubah sangkar burung yang ada di TMII berukuran 68 meter dengan ketinggian 30 meter, sedangkan dari segi jumlah juga tidak kalah bannyaknya.  Setiap pengunjung selain bisa melihat satwa hidup, anda juga bisa mengenal burung dari masa-kemasa melalui museum yang menjadi pelengkap taman burung menyimpan riwayat berbagai jenis burung langka maupun yang sangat terbatas penyebarannya.

Dari usia berdirinya tidak heran kawasan ini memiliki koleksi satwa burung terlengkap yang terdiri dari 312 jenis dengan jumlah ribuan ekor yang berasal dari berbagai daerah di kepulauan Indonesia baik dari timur hingga barat. Termasuk diantaranya jenis dari mancanegara.

Tempat ini juga sangat tepat sebagai sarana rekreasi Liburan keluarga untuk mengunjungi kawasan yang bersifat edukasi, selain berekreasi juga bisa melepaskan kepenatan dari berbagai macam rutinitas keseharian. Hadirnya food court di tengah kawasan menambah semangat anda untuk bereksplorasi lebih jauh mengenai ribuan satwa burung di kawasan miniatur satwa burung Indonesia ini.(Ardan/ gedoor.com)
  1. Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII

    Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII
  2. Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII

    Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII
  3. Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII

    Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII
  4. Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII

    Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII
  • WISATA
  • #Wisata #Wisata Jakarta
  • Miniatur Satwa Burung Taman Satwa TMII
29 April 2013 - 18:01:25 WIB Foto : Ardan/ Gedoor.com Dibaca : 386
Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di bangun pada tahun 1975 dan secara resmi dibuka pada tanggal 9 Agustus 1976. Taman burung hanya memiliki  satu kubah sederhana untuk sangkar burung ukuran besar. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya kawasan TMII. Maka, sejak tahun  1987 tepat di tanggal 27 April kubah burung dikembangkan menjadi Sembilan. Masih dalam satu komplek di kawasan TMII, Taman Burung terletak di bagian belakang kawasan TMII berdekatan dengan Pusat Peragaan IPTEK, menempati lahan seluas 6 hektar termasuk fasilitas umum berupa tempat parkir yang cukup luas dan rindang.

Untuk mempercantik dan mempermudah mengenali burung, pihak pengelola menata sangkar yang berupa kubah sesuai dengan asal daerah masing masing. Adapun koleksi yang ada masih dibagi menjadi dua bagian. Diantaranya belahan barat dan timur yang disesuaikan dengan garis Wallac, hal itu meliputi kawasan vegetasi satwa termasuk penataan burung dari jenis pemakan biji-bijian, buah buahan dan pucuk daun yang menjadi pakan beberapa spesies burung tertentu.

Taman burung TMII berfungsi sebagai sarana pendidikan dan pengenalan kepada masyarakat mengenai keanekaragaman hewan di Indonesia termasuk beberapa diantaranya jenis-jenis satwa burung yang ada di bagian negara lain. Selain itu taman burung juga memiliki fungsi mengenalkan dan menanamkan kepada masyarkat lebih mencintai satwa burung ini,
Komentar Beri Komentar
Artikel Terkait
Arsip Jayakarta Arsip Jayakarta
Rabu, 05 Oktober 2011
Setu Babakan Setu Babakan
Kamis, 11 Agustus 2011
Komunitas Roadeagle Motorcycles Komunitas Roadeagle Motorcycles
Senin, 02 April 2012
TMII Keong Emas TMII Keong Emas
Selasa, 24 Mei 2011