Register Login
loak di Jalan Jenderal Urip mengelompokkan diri untuk berdagang di kawasan Jembatan Item, Rawa Bunga. Bukan berati di kawasan Jenderal Urip sudah tidak ada pedagang loak yang berdagang, masih ada segelintir pedagang yang umumnya menjual kipas angin, HP, blender bekas serta helm yang terlihat. Pada malam hari kawasan ini lebih padat lagi pedagang yang berdagang di sini.

Di pasar loak Jembatan Item cukup banyak pedagang yang menempati lapak-lapak non permanen seadanya untuk menyambung hidup dengan cara menjajakan barang loakan. Mulai dari barang murah sampai jenis loak mahal ada di sini. Pada bagian depan pasar loak ini banyak kita temui pedagang HP, Kaset bekas serta kebutuhan elektronik macam kipas angin cukup mendominasi. Namun pada bagian belakang pasar lebih terlihat pedagang yang menjual barang-barang antik seperti yang banyak kita lihat di Jalan Surabaya, Menteng. Barang bekas spare part kendaraan juga terlihat banyak di jajakan di sini. Namun dengan bertambahnya jumlah pedagang kini pasar loak Jembatan Item ini terlihat semakin padat. Hal itu ditandai dengan banyaknya pedagang yang membuka lapak pada bagian bahu jalan yang umumnya menjual HP, jam tangan sampai batu cincin dan pakaian bekas seperti sepatu. (Roy, gedoor.com)


  • Uncategories
  • Berburu Barang Loak di Pasar Jembatan Item
01 Januari 2013 - 04:25:20 WIB Dibaca : 1822

Berburu Barang Loak di Pasar Jembatan Item

Pasar loak adalah jenis pasar yang berisi lapak orang yang ingin menjual/ barter berbagai barang mulai dari barang berkualitas rendah sampai barang berkualitas tinggi dengan potongan harga atau barang bekas pakai. Pasar ini bisa berada di tempat lapang, atau juga mempunyai atap non permanen. Di Jakarta ada beberapa pasar loak yang terkenal, diantaranya Taman Puring, Jakarta Selatan dan Jalan Surabaya, Menteng. Dan yang paling terkenal di Jakarta Timur adalah Pasar Loak Jembatan Hitam. Orang-orang sekitar menyebutnya dengan Jembatan Item (JI). Lokasinya memang tidak begitu strategis karena berada di dalam gang yang tidak begitu luas di sela jalan antara Jatinegara menuju arah Kampung Melayu.

Sebelum pasar loak ini ada orang lebih mengenal kawasan Jenderal Urip, Jatinegara, Jakarta Timur merupakan tempat hunting barang bekas. Namun, keadaan sekarang berbeda karena Pemerintah Walikota Madya Jakarta Timur lakukan program untuk menggusur pedagang-pedagang tersebut yang menggunakan bahu jalan untuk berdagang. Pedagang yang dulunya berdagang

Komentar Beri Komentar