Register Login
mulai dilindas jaman yang semakin maju lengkap dengan perangkat masa depannya seperti kuliner. Es ini dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dengan varian rasa yang tidaklah begitu banyak. Yang banyak ditemui cuma ada beberapa rasa es saja, mulai dari rasa original, coklat, durian dan strawberry.

Namun tetap banyak yang masih menyukai rasa original Es Potong yang berisikan kacang hijau di dalamnya. Es Potong ini sebenarnya dibuat dengan panjang kurang lebih setengah meter dan dalam gerobaknya ditaruh es-es balok guna menjaga kebekuan es potongnya. Bila ada yang membeli baru si Tukang es akan memotongnya menjadi potongan-potongan lalu diberi tusuk bambu sebagai pegangannya.

Untuk mendapatkan potongan terkecilnya anda cukup membayar Rp 2000 saja dan potongan lebih besar Rp 5000 dan potongan utuh atau yang terpanjang dihargai Rp 10.000. Sekarang, es potong memang agak susah ditemukan. Memang, sih dibeberapa tempat atau perumahan penjual es potong masih terlihat. Tapi, kalau ingin mencicipi, datang saja ke Kota Tua atau Pasar Baroe. Di sana banyak pedagang Es Potong yang menjualnya dengan harga murah. (Roy / geDoor.com)

  • KULINER
  • #Aneka Es Krim
  • Es Potong
13 Juli 2012 - 13:49:26 WIB Foto : Roy / GeDoor.com Dibaca : 325
Jajanan tempo dulu, itu kata yang dapat digambarkan bila melihat atau mendengar es yang satu ini. Banyak orang yang menyebut nama Es Potong ini dengan nama lain seperti Es Lilin, memang karena bentuknya yang bulat panjang mirip seperti lilin. Namun nama populer es ini tetaplah Es Potong.

Dulunya sih penjual Es Potong ini banyak kita temui di depan-depan sekolah menunggu jam istirahat anak-anak sekolahan, namun sekarang bisa dikatakan hampir tidak ada lagi penjual Es Potong ini di tempat-tempat dulu mereka biasa menjual es ini. Banyak penjual mulai menepi ke pinggiran kota misalnya saja lokasi wisata tempo dulu maupun lokasi berbelanja yang mempunyai sejarah panjang macam Pasar Baroe.

Dulu sebelum tenarnya era ice cream, Es Potong ini sangat berjaya sebagai jajanan dingin yang disukai oleh masyarakat, namun sekarang keberadaannya
Maps
  • Alamat : Rekomendasi Tempat Es Potong di Jajakan :Pasar Baroe, Jakarta Pusat/Kawasan Kota Tua.
Komentar Beri Komentar
Artikel Terkait
Es Goyang Es Goyang
Selasa, 31 Juli 2012
Baskin Robbins Baskin Robbins
Rabu, 30 November 2011
Dairy Queen Dairy Queen
Rabu, 30 November 2011
Gelare Ice Cream Gelare Ice Cream
Kamis, 01 Desember 2011
Haagen-Dazs Haagen-Dazs
Kamis, 01 Desember 2011