Register Login
  1. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang
  2. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang
  3. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang
  4. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang

Tanah Abang memang sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu pusat grosir pakaian terbesar dan terlengkap di Indonesia. Banyak pedagang di pusat perbelanjaan yang memasok barang dagangannya dari sini. Tak hanya pedagang dari Jakarta tapi juga dari daerah dipenjuru tanah air. Letaknya yang strategis di Pusat Jakarta membuat pengunjung dari mana-mana tak kesulitan datang kesini.

Pertokoan di Tanah abang sendiri sebenarnyabanyak. Selain Blok A juga ada Blok B, Metro, Jembatan Tanah Abang dan pastinya pasar lama yang letaknya persis dibelakang gedung Blok A. Penulis memilih Blok A karena gedungnya yang mempunyai arsitektur mirip seperti kubah mesjid dan paling besar di antara gedung lainnya. Blok A sendiri sudah berdiri sejak tahun 2005. Disini, tiap lantai sudah dikhususkan untuk menjual jenis pakaian tertentu. Tak perlu repot mencari denah gedung karena sudah terpampang jelas di tembok-tembok dan lift. Jam operasional toko dari jam 07.30 pagi sampai 17.00 WIB dan buka setiap hari. Seperti di lantai Basement 1, disini dijual lengkap alat perlengkapan ibadah yaitu mukena dan kerudung. Begitu Anda menginjakkan kaki di lantai ini pasti Anda akan melihat mukena-mukena digantung di pinggir toko.

Dari mukena model lama sampai terbaru tersedia disini. Ada yang terbuat dari bahan parasut sampai sutera Paris dengan ukuran anak-anak hingga dewasa dijual lengkap. Sekedar saran, yang lagi trend saat ini adalah mukena bordir dari bahan sutera Paris yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Tapi jangan khawatir, jika uang Anda terbatas ada juga mukena seharga Rp. 25.000. Jadi tergantung selera Anda memilih yang mana. Begitu juga dengan kerudung. Aneka jenis kerudung tersedia juga di lantai Basement 1 ini. Ada yang model bergo, motif, polos , dan yang berbahan kaos. Misalnya untuk kerudung motif, dijual hanya Rp. 20.000 saja.

Tentunya dengan berbagai macam warna, misalnya biru, hijau, coklat dan lain-lain. Sekedar informasi, harga kerudung disini dijual dari Rp. 10.000-Rp. 125.000. Jika dilihat, jumlah pengunjung yang datang ke lantai basement 1 cukup ramai. Tapi, puncak keramaian biasanya adalah menjelang hari raya Idul Fitri. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pedagang," Disini biasa saja tiap harinya, biasanya menjelang Lebaran baru ramai," ujar Sukri. Secara umum di Tanah Abang, Anda bisa membeli secara satuan atau kodi. Tapi kalau satuan, harganya akan lebih mahal sedikit dibanding membeli secara kodi yang sudah pasti akan mendapat potongan harga langsung dari penjualnya. Rata-rata harga jual di tiap toko juga hampir sama. (Arie)



14 Februari 2012 - 12:18:39 WIB
Foto : Arie / GeDoor.com
Dibaca : 2329
  • Tanah Abang Blok A Jl. K. H. Mas Mansyur Jakarta Barat
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

"Women's Secret" (Untukmu Wanita)
Senin, 09 April 2012
Bursa Tanaman Hias Senayan Bursa Tanaman Hias Senayan
Rabu, 30 Maret 2016
Lukisan Glodok Lukisan Glodok
Selasa, 15 Mei 2012
Lapak Duren Kalibata Lapak Duren Kalibata
Senin, 12 Maret 2012

SHARE